Sunday, October 1, 2017

Kelebihan Kaum Laki-laki atas Perempuan

Kelebihan / Keutamaan Kaum Laki-laki daripada kaum Perempuan, Baiklah pemirsa blog terjemah durratun nasihin artikel ini pembahasan kali pertama terjemah kitab Durratun nasihin pada bab 12, yaitu tentang keutamaan kaum laki-laki daripada wanita, hal ini sebagai pebjelasan ayat Qur'an surat An-nisa' ayat 34 yang artinya sebagai berikut:

"Kaum laki-laki adalah pemimpin bagi kaum perempuan, sebab kelebihan yang diberikan Allah kepada sebagian laki-laki atas sebagian yang lain (perempuan) dan karena mereka (laki-laki itu telah menginjakkan sebagian harta benda mereka. Maka perempuan yang saleh adalah perempuan yang taat (kepada Allah) dan memelihara diri ketika suaminya tidak ada, sebab pemeliharaan Allah." (Qs. Annisa' ayat 34)


Sebab Turun Ayat Qs An-nisa' 34

Ayat ini turun berkaitan dengan peristiwa Sa'ad bin Ar Rabi' Al-Anshari yang telah menampar istrinya, putri Muhammad bin Maslamah. Istri Sa'ad datang menghadap Rasulullah saw. dan beliau memutuskan untuk dibalas. Maka turunlah Malaikat Jibril seketika itu juga kepada beliau dengan  membaca ayat ini " Arrijaalu qowwaamuuna 'ala an-nisaa'" yakni mereka dikuasakan menangani urusan-urusan istri dan mendidiknya. Terjemah durratun nasihin hlm 157.

No comments:

Post a Comment