Monday, September 18, 2017

Keutamaan Membaca sholawat kepada Nabi Saw

Keutamaan Membaca sholawat kepada Nabi Saw, Baiklah kami lanjutkan materi sebelumnya dan kali ini sudah masuk pada bab  XI, dan untuk pembahasan pertama seperti biasa tentang keutamaan membaca sholawat nabi secara singkat dengan hadits-hadits yang lain.

Keutamaan membaca sholawat Nabi Saw

Dari abdurrohman bin 'auf dari Nabi Muhammad Saw beliau bersabda:
"Jibril datang kepadaku dan berkata: "Hai Muhammad, tidaklah seorang membaca shalawat kepadamu, kecuali tujuh puluh ribu malaikat mendoakannya. Barang siapa yang didoakan malaikat, maka dia termasuk penghuni surga."

Dari Nabi Muhammad Saw, beliau bersabda "Takbir pertama yang diikuti seorang mukmin bersama imam, itu lebih baik daripada seribu kali ibadah haji umrah, dia mendapat pahala seperti pahala orang yang bersedekah emas seberat Gunung uhud kepada orang- orang miskin, setiap rakaat ditulis sebagai ibadah satu tahun, Allah menetapkan untuknya dua kebebasan, yaitu bebas dari neraka dan bebas dari kemunafikan, dan tidak akan keluar dari dunia (mati) sehingga dia melihatnya di surga serta masuk surga tanpa hisab." Durratun Nashihin 143

Para ulama berbeda pendapat mengenai batas takbir pertama. Sebagian mereka berpendapat: sampai imam selesai membaca Al-Fatihah. Sebagian lagi berpendapat: Sampai imam memulai bacaan Fatihah. Sedang kebanyakan ahli tafsir memilih pendapat pertama. (Majalisul anwar) Terjemah durratun nasihin 144.

No comments:

Post a Comment