Sunday, September 24, 2017

Uraian pengertian kata Rojab Lengkap

Uraian pengertian kata Rojab Lengkap, Menyimak Kata Rajab atau rojab atau rejeb (jawa). salah satu bulan hijriyah yang patut kita ketahui apa itu arti dari ROJAB serta apa saja keistimewaan bulan rajab tersebut? berikut ulasannya:

Pengertian kata Rojab

Dikatakan, bahwa dalam kata "Rajab" terdapat tiga buah huruf. Ra' menunjukkan rahmat Allah, Jim menunjukkan jaram (dosa) hamba dan Ba' menunjukkan barakah Allah swt. Seakan-akan Allah Swt. berfirman: "Hai hamba-Ku, Aku jadikan dosa dan kesalahanmu berada di antara rahmat dan kebajikan-Ku. Maka tidak ada lagi dosa atau kesalahan bagimu, berkat kehormatan bulan Rajab. (majalisul anwar)


Nama Lain Bulan Rajab

Ada yang menerangkan, setelah bulan Rajab berlalu, dia naik ke langit. Allah swt. berfirman: "Hai bulan-Ku, apakah mereka mencintaimu dan mengagungkanmu?" Bulan Rajab diam dan tidak berkata sepatah kata pun, sehingga ditanya sampai dua kali, dan ke tiga kali. Kemudian dia menjawab "Ya Tuhanku, Engkau Tuhan yang menutup cela. Engkau perintahkan makhluk-Mu agar menyembunyikan cela cela orang lain. Rasul-Mu memberikan nama kepadaku 'Asham (yang tuli), karena aku hanya mendengar taat mereka dan tidak mendengar maksiat mereka." Karena itu, bulan Rajab disebut Al-Asham. Kemudian Allah swt berfirman "Engkau adalah bulan-Ku yang cacat lagi tuli, sedang hamba-hamba-Ku pun cacat. Aku menerima mereka dalam keadaan cacat karena kehormatanmu, sebagaimana Aku menerimamu walaupun engkau cacat. Aku mengampuni mereka walaupun dengan sekali penyesalan di dalammu dan Aku tidak mencatat perbuatan maksiat mereka di dalammu. (Al-a'rojiyyah).

Diterangkan pula, bulan Rajab dinamakan Asham, karena para malaikat pencatat amal yang mulia selalu menulis kebaikan maupun kejahatan di dalam semua bulan, tetapi dalam bulan Rajab ini mereka hanya menulis kebaikan dan tidak menulis kejahatan, karena tidak pernah mendengar kejahatan di dalam bulan ini yang dapat ditulis. Dalam Hadis Nabi Saw. disebutkan:

"Sesungguhnya bulan Rajab adalah bulan Allah, bulan sya'ban adalah bulanku dan bulan Ramadhan adalah bulan umatku"

Abu Muhammad Al-Khalal meriwayatkan tentang keutamaan-keutamaan bulan Rajab, dari Ibnu Abbas r.a. dia berkata : " Puasa pada hari pertama bulan rajab dapat menghapus dosa selama tiga tahun. hari keduadapat menghaous dosadua tahun, hari ketiga dapat menghapus dosa satu tahun, Kemudian di setiap hari setelah itu menjadi kifaratselama satu tahun"(Al-jami' As-shoghir)

Abu hurairah ra berkata : "Sesungguhnya nabi Muhammad Saw. tidak berpuasa setelah Ramadhan, kecuali Rajab dan Sya'ban"

Nabi Saw Bersabda yang artinya:
"Sesungguhnya di dalam surga terdapat sebuah sungai yang disebut Rajab, lebih putih daripada susu, dan lebih manis daripada madu. Barangsiapa yang berpuasa satu hari di bulan Rajab, maka Allah akan memberinya minum dari air sungai itu." (H.R imam bukhori dan imam muslim)

Disebut Rajab, karena bangsa Arab telah memuliakannya dan mengagungkan bulan tersebut. Bukti bahwa orang Arab memuliakannya adalah bahwa para juru kunci Ka'bah selalu membuka pintu Ka'bah selama pada bulan Rajab. Sedang dalam bulan-bulan yang lain, mereka hanya membukanya pada hari Senin dan Kamis. Mereka berkata: "Bulan ini adalah bulan Allah, rumah ini juga rumah Allah dan hamba adalah juga hamba Allah. Karena itu, janganlah menghalangi hamba Allah masuk rumah Allah dan bulan Allah." (Al a'riyyah) Terjemah Durrotun nasihin hlm 149.

No comments:

Post a Comment