Saturday, September 30, 2017

Keutamaan Puasa dan Tahajud di bulan Rajab

Keutamaan Puasa dan Tahajud di bulan Rajab, Baiklah pemirsa akan saya lanjutkan tentang terjemah kitab Dzurrotun nasihin dan kali ini tentang keutamaan puasa rajab dan keutamaan shalat tahajud di bulan rajab.

Di riwayatkan dari Aisyah Ra dia berkata : Nabi Muhammad Saw. bersabda yang artinya:

" Pada hari kiamat semua manusia akan lapar, Kecuali para nabi dan keluarga mereka serra orang-orang yang berpuasa di bulan rajab, sya'ban dan ramadhan. mereka kenyang, tidak ada lapar haus bagi mereka." (zubdatul waiizin)

Dalam khobar (hadits) juga di sebutkan sebagai berikut:

"Apabila hari kiamat datang, malaikat berseru: "Di manakah orang-orang suka menghormati bulan Rajab? Lalu keluarlah sebuah cahaya yang diiringi oleh Malaikat Jibril dan Mikail as, serta orang-orang yang suka menghormati bulan Rajab. Kemudian mereka melewati Shirath seperti kilat yang menyambar. Mereka bersujud kepada Allah Swt. lalu berfirman: "Wahai orang-orang yang suka menghormati bulan Rajab, pada hari ini angkatlah kepalamu. Kamu telah menunaikan sujud di dunia pada bulan-Ku. Sekarang berangkatlah menuju tempat-tempatmu'." (Raunaqul majalis)

Dari Tsauban, dia berkata: "Kami pernah bersama Nabi Muhammad Saw. melewati sebuah kuburan. Nabi Muhammad Saw. berhenti, lalu menangis tersedu-sedu. Kemudian beliau berdoa kepada Allah. Aku bertanya kepada beliau: "Mengapa engkau menangis, ya Rasulullah? Beliau bersabda: 'Hai Tsauban, mereka sedang disiksa dalam kuburnya, dan aku mendoakan mereka, lalu Allah meringankan siksa dari mereka Kemudian beliau bersabda: "Hai Tsauban, seandainya mereka itu berpuasa satu hari di bulan Rajab dan tidak tidur dalam bulan Rajab sehari saja, maka mereka tidak disiksa di kuburnya seperti itu." Aku bertanya: "Apakah puasa sehari dan beribadah satu malam dalam bulan Rajab itu dapat menghalangi siksa kubur?' Nabi Muhammad Saw, bersabda: "Hai Tsauban, demi Tuhan yang telah mengutus aku dengan haq sebagai seorang Nabi, tidaklah seorang muslim laki-laki atau perempuan yang mau berpuasa sehari dan beribadah semalam pada bulan Rajab dengan ikhlas, kecuali Allah mencatatnya seperti ibadah setahun, berpuasa siang harinya dan beribadah malam harinya." (zubdatul waizin) terjemah durrotun nasihin hlm 152.

4 comments:

  1. Bismillah... Subhanallah. Rujukan haditsnya? (Bukhari/muslim. Etc)
    Zubdatul waizin dan raunaqul majalis it kitab hadits ya?
    Penulis kitab zubdatul waizi ulama siapa ya?

    ReplyDelete
    Replies

    1. اسم الكتاب: زبده الواعظين في بيان كلام رب العالمين
      اسم المؤلف: مجهول / غير محدث

      Delete
  2. Semoga kita tergolong ummat yang selamat dunia dan akhirat

    ReplyDelete