Sunday, August 7, 2016

Keutamaan shalat secara berjamaah

Keutamaan shalat secara berjamaah, dari Muhammad SAW. bersabda yang beekenaan dengan keutamaan shalat berjamaah yang artinya "shalat seseorang secara berjamaah itu lebih utama daripada shalat sendirian di rumahnya selama 40 tahun".

dalam hadits lain yang masih senada dengan keutamaan shalat berjamaah yaitu yang artinya "sesungguhnya shalat berjamaah itu melebihi shalat sendirian dengan 27 derajat".

Balasan pahala orang yang shalat secara berjamaah

masih tentang keutamaan shalat berjamaah, blog durratunnasihin.blogspot.com juga akan membagikann keutamaan dalam hal pahala, Diriwayatkan dari nabi Muhammad SAW yang artinya "barangsiapa yang mengerjakan shalat lima waktu dengan berjamaah maka dia akan mendapatkan 5 hal

  1. Tidak akan ditimpa kefakiran di dunia
  2. Allah SWT menghindarkannya dari siksa kubur
  3. menerima buku catatan amalan dengan tangan kanannya
  4. lewat diatas sirath seperti kilat yang menyambar
  5. Allah SWT memasukkannya ke dalam surga tanpa hisab dan tanpa adzab (Almashabih).


Keutamaan bersegera ke masjid ketika adzan

di dalam kabar Hadis disebutkan dari Nabi Muhammad SAW beliau bersabda yang artinya "apabila hari kiamat datang maka Allah menghimpun sekelompok orang dengan wajah mereka seperti bintang-bintang, para malaikat bertanya kepada mereka "Apakah amalmu?" mereka menjawab "ketika kami mendengar adzan Kami selalu berdiri untuk bersuci dan berwudhu serta tidak menyibukkan diri dengan urusan laun". sekelompok lagi berwajah seperti bulan ditanyakan kepada mereka "apa amalmu?" mereka menjawab "Kami selalu wudhu sebelum adzan", dan sekelompok lain berwajah seperti matahari mereka ditanya "apa amal kalian?" mereka menjawab "Kami mendengarkan adzan di dalam masjid. terjemah Durratun nasihin hlm 103.

No comments:

Post a Comment