Monday, May 16, 2016

Cara agar Mudah Menghafal Ilmu

Baiklah pemirsa blog terjemah Durratun Nashihin yang kami muliakan, kali ini kami akan membahas tentang cara agar mudah menghafal ilmu dan tidak lupa lagi. Mungkin anda salah satu orang yang sering lupa dengan hafalannya? Jika benar tentu artikel ini sangat menarik untuk anda pahami. Siapa sih yang tidak ingin ilmunya selalu menempel dalam otak pikiran danbtidaknlupa? Tentu semua orang ingin ilmunya selalu di ingat dan tidak gampang lupa. Baiklah langsung saja demikianlah agar mudah menghafal sebuah ilmu:

Agar cepat hafal ilmu


  1. Solat malam, walaupun 2 rokaat
  2. Keadaan tubuh selalu suci dari hadas maupun najis
  3. Senantiasa takut kepada Allah Swt dimanapun anda berada
  4. Makan yang halal dengan niat mencari kekuatan beribadah
  5. Siwakan (bersiwak)

Cara agar cepat hafal dalam belajar ini berdasarkan Sabda rosululloh solallohu alaihi wasallam, "barangsiapa yang ingin mudah menghafal ilmu, maka dia wajib menekuni lima hal yaitu sholat malam walaupun hanya dua rokaat, melanggengkan wudhu, bertakwa baik ketika sendirian maupun di depan orang, makan dengan niat mencari kekuatan bukan untuk memenuhi kesenangan nafsu, bersiwak."

Nabi Muhammad Shallallahu'alaihi Wasallam bersabda lagi "kebaikan dunia dan akhirat itu harus dicapai dengan ilmu, kemuliaan dunia dan akhirat juga harus dengan ilmu, seorang Alim adalah lebih besar keutamaannya di sisi Allah SWT. daripada 1000 orang syahid."

yang dimaksud dengan orang Alim dalam hadis diatas adalah orang alim yang mengamalkan ilmunya. "Sesungguhnya Allah SWT. telah menciptakan sebuah kota di bawah arasy dan di pintunya tertulis "Barang siapa yang mengunjungi para ulama maka seolah-olah dia mengunjungi para nabi."

karena itu Nabi Muhammad SAW. bersabda "berkumpul ulama sesaat adalah lebih dicintai Allah dari pada beribadah 1000 tahun."

diriwayatkan dari nabi Muhammad SAW. "Sesungguhnya Allah SWT. telah menciptakan sebuah kota dari cahaya dibawa Arasy 10 kali besar dunia, didalamnya terdapat 1000 pohon dari mutiara, yaqut, zamrud, berlian dan marjan. ketika hari kiamat tiba berkembanglah daun-daunnya, kemudian ada panggilan dari Tuhan yang maha pengasih "Di manakah orang-orang yang mengerjakan sholat dengan berjamaah lima waktu lalu duduk dalam majelis ilmu. henndaklah mereka Hari ini datang di bawah naungan pohon-pohon ini, maka mereka berdatangan dan duduk dibawah pohon tersebut kemudian dihidangkanlah hidangan dari Nur yang didalamnya terdapat apa saja yang diinginkan oleh nafsu dan menyenangkan mata. di katakanlah kepada mereka "makanlah semua hidangan itu." Mukasyafatul asrar.

No comments:

Post a Comment