Sunday, May 15, 2016

Kelebihan Ilmu atas Harta

Kelebihan ilmu atas harta baiklah kali ini kajian tentang kelebihan atau keutamaan ilmu daripada harta, langsung saja demikianlah kelebihan sebuah ilmu daripada harta: diriwayatkan dari ibnu abbas ra dia berkata : " khoyyiro sulaimanu alahi salam baina al-ilmi wa al-mulki, fahtaaro al-ilma fa u'tiya al-ilma wa al-mulka". yang artinya : "Nabi Sulaiman pernah diberi kebebasan memilih antara ilmu dan kerajaan, Tetapi dia memilih ilmu dan akhirnya dia diberi ilmu dan kerajaan".

Sebagian orang-orang ahli hikmah berkata "kata ilmu adalah tiga huruf yaitu 'ain, lam dan mim. huruf 'Ain adalah dari kata 'illiyyin artinya ketinggian atau surga illiyin, laam dari kata Latif artinya lembut dan belas kasihan, sedangkan Miim dari kata Malik artinya raja.

Huruf 'Ain mengisyaratkan bahwa yang empunya akan dibawa ke tingkat yang tinggi, laam mengisyaratkan bahwa ilmu membuat empunya bersifat lembut dan penuh belas kasih, sedangkan Miim mengisyaratkan bahwa ilmu akan menjadikan orang yang empunya sebagai raja dan penguasa atas manusia lain.

Ada juga yang menerangkan bahwa untuk menunjukkan bukti kemuliaan itu adalah Firman Allah kepada Nabi Muhammad SAW. " wa qul Rabbi Zidnii 'Ilma", yang artinya : "Katakanlah ya Tuhanku tambahkanlah ilmu kepadaku".

Demikianlah kajian tentang kelebihan Ilmu atas harta yang tercantum dalan kitab durratunnasihin semoga beemanfaat; salam.

No comments:

Post a Comment