Friday, May 27, 2016

Orang yang mengamalkan ilmunya akan masuk surga sebelum orang yang mati syahid

lebih baik manakah orang yang mengamalkan ilmunya dengan orang yang mati syahid, maksudnya kelak di Hari Kiamat atau akhirat   masuk surganya lebih dahulu mana antara orang yang mengamalkan ilmunya dengan orang yang mati syahid.

Dalam kitab terjemah durratunnasihin terdapat sebuah sebuah pembahasan tentang pengamal ilmunya dengan orang mati syahid dengan judul "Orang yang mengamalkan ilmunya akan masuk surga sebelum orang yang mati syahid" tepatnya pada halaman 52.

Disana tertulis sebuah hadis nabi yang berbunyi:

diriwayatkan dari nabi Muhammad SAW. beliau bersabda "apabila hari kiamat tiba maka empat golongan dihadapkan di depan pintu surga tanpa melalui proses hisab maupun adzab mereka itu adalah :

  1. Orang alim yang mengamalkan ilmunya.
  2. orang yang beribadah Haji denganbaik (tidak mengerjakan fasad).
  3. orang mati syahid yang terbunuh dalam medan perang.
  4. orang Dermawan yang telah Mencari harta halal dan menginfakkannya di jalan Allah tanpa disertai Riya' atau pamer.


Mereka saling berebut untuk masuk surga lebih dahulu. Lalu Allah SWT. mengutus Malaikat Jibril agar memutuskan diantara mereka itu, pertama kali Jibril bertanya kepada orang yang mati syahid itu "apa yang telah engkau kerjakan di dunia sehingga engkau ingin masuk surga lebih dahulu" orang Syahid itu menjawab "aku telah terbunuh di medan perang untuk mencari Ridha Allah SWT. Jibril bertanya lagi "dari siapakah engkau dapat mendengar pahala orang mati syahid" dia menjawab "dari para ulama" Jibril berkata "jagalah kesopanan dan janganlah mendahului gurumu."

Kemudian Jibril menghadapkan wajahnya kepada orang yang beribadah Haji dan berkata seperti kepada orang yang mati syahid itu, demikian juga kepada orang Dermawan, kemudian orang yang berilmu Alim berkata "Ya Tuhanku aku tidak dapat menghasilkan ilmu kecuali berkat kedermawanan dan kebaikannya" maka Allah SWT. berfirman "Benar Orang alim itu Hai Ridwan (penjaga surga) bukalah pintu-pintu surga sehingga orang yang dermawan masuk surga sedang mereka semua sesudahnya." Misykatul anwar

Demikianlah salah satu hadits rosul yang menjelaskan bahwa orang yang mengamalkan ilmunya itu lebih baik dari pada orang yang mati shahid. Namun sebenarnya dari hadits di atas dapat di pahami bahwa yang paling dulu masuk surga adalah orang yang dermawan. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment