Friday, May 27, 2016

Tanda tanda ahli surga dan ahli neraka

Tanda-tanda Ahli Surga dan ahli neraka, Baiklah para pemirsa blog terjemah kitab Durratun Nashihin yang kami muliakan, kali ini saya akan menguraikan tentang tanda-tanda irang ahli surga dan ahli neraka. Apakah kita termasuk orang yang Ahli Surga? Dan apakah kita termasuk Orang yang ahli neraka? semua bisa diketahui dengan adanya tanda-tanda tersebut.

Baiklah tidak perlu panjang lebar dalam uraian ini, saya hanya akan menuliskan beberapa hadits yang berkenaan dengan tanda-tanda ahli surga dan ahli neraka. Berikut hadits dari rosululah Saw. Yang artinya:

"Sesungguhnya Allah SWT. telah menjadikan anak cucu Adam dalam 8 perkara yaitu : empat diantaranya untuk penghuni surga: muka yang manis, lidah yang fasih, hati yang bertakwa, dan tangan yang dermawan. dan empat lain untuk penghuni neraka yaitu : muka yang masam, lidah yang kotor, hati yang keras dan tangan yang kikir".

Ada juga sebuah sabda dari Nabi Muhammad Saw. yang masih senada tentang tanda-tanda ahli sorga dan ahli neraka yanf artinya:

"Hati-hatilah terhadap tiga golongan manusia yaitu: ulama yang lengah, orang-orang fakir yang suka menipu, dan ahli tasawwuf yang bodoh".

Dari uraian hadits di atas dapat kami simpulkan bahwasanya tanda-tanda orang ahli surga sesuai hadits di atas ada 4 yaitu:

  1. Muka yang manis, yaitu orang-orang yang gemar menjalankan solat, jika orang itu konsisten menjalankan solat tentu ia akan konsisten berwudlu, barang siapa yang wajahnya tersiram air wudlu secara konsisten pasti akan tampak tampan, manis dan bercahaya.
  2. Lidah yang fasih, yaitu orang-orang yang gemar membaca alquran dengan benar sesuai ilmu tajwidnya serta mengamalkannya.
  3. Hati yamg bertaqwa, artinya jika hatinya yang bertaqwa maka dimanapun ia berada dan menempat akan senantiasa taqwa dan takut kepada Allah Swt.
  4. Tangan yang dermawan, artinya orang yang suka sodaqoh, infaq, sedekah tanpa rasa pamer.

Sedangkan tanda-tanda dari orang yang ahli neraka adalah sebaliknya dari 4 tanda diatas, dan saya rasa anda sudah dapat mengetahuinya, jadi tidak perlu saya jelaskan lagi.

Demikianlah kajian kitab terjemah durratunnasihin tentang tanda-tanda penghuni surga dan penghuni neraka, semoga bermanfaat. Salam

No comments:

Post a Comment