Friday, May 27, 2016

Kedudukan Orang yang berilmu

Baiklah pemirsa pengunjung blog terjemah kitab Durratun Nashihin yang saya muliakan, kali ini saya akan membahas tentang kedudukan orang yang berilmu, banyak sekali hadits yang berkenaan dengan keutamaan orang yang berilmu salah satunya adalah sesuai sabda Nabi Muhammad SAW yang berbunyi" fadllul 'alim 'alal 'abid ka fadllii 'ala adnaakum" yang artinya: "  keutamaan Orang alim atas seorang ahli ibadah seperti keutamaan saya atas seseorang yang paling rendah diantara kamu"

Bahkan Allah SWT juga telah mewahyukan kepada Nabi Ibrahim AS tentang kedudukan orang yang berilmu yaitu Allah berfirman "Ana 'Aalimun ukhibbu 'aaman yang artinya aku adalah 'Aalim (Maha Mengetahui) dan menyukai orang alim".

Masih berkenaan dengan kedudukan atau keutamaan orang yang alim yaitu sabda Nabi Muhammad SAW yang berbunyi:

"Kun 'Aliman aw muta'alliman aw sami'an walaa takun Robi'an Fatahlika, qiila " yaa rosulallah.. ayyul a'maali afdhal? fa qoola "al-'ilmu billah".

artinya: " jadilah engkau seorang Aalim (mengajar) atau orang yang mencari ilmu, atau orang yang mendengarkan dan janganlah menjadi orang yang ke-4 maka engkau menjadi celaka. ditanyakan kepada Rasulullah SAW. " hai Rosululloh.. amal apakah yang paling mulia"? beliau menjawab "mengenal Allah".

Sebab amal yang sedikit disertai ilmu akan bermanfaat, sedangkan amal yang banyak disertai kebodohan jelas tidak bermanfaat. dari sini dapat diketahui bahwa ilmu adalah mutiara yang lebih berharga daripada ibadah, tetapi seorang hamba harus mengerjakan Ibadah dengan didasari ilmu, jika tidak maka ilmunya akan sia-sia belaka.

Nabi bersabda lagi yang berkaitan dengan keutamaan orang yang berilmu "An nadzru ila al-'alim ibadatun" yang artinya : " Memandang ke wajah orang alim adalah sesuatu ibadah" nabi muhammad bersabda lagi yang artinya "Sesungguhnya Allah, malaikat-malaikat-nya penghuni langit dan bumi sampai semut dalam liangnya dan ikan di laut semuanya mendoakan orang yang mengajarkan kebaikan kepada manusia. (zubdatul Wa'idin". demikianlah keutamaan orang yang berilmu yang tertulis dalam kitab terjemah durratunnasihin. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment