Thursday, June 2, 2016

4 Hal yang menjadi tegaknya Dunia

Empat hal yang menjadi tegaknya dunia. Kali ini kita akan membahas tentang hal-hal yang menjadi sebab tegaknya dunia, keterangan ini di ambil dari kitab terjemag durratunnasihin, yang dalam kitab tersebut menguraikan penyebab tegaknya dunia berdasarkan hadits Nabi muhammad Saw bersabda yang artinya :

" Tegaknya dunia ini karena 4 hal, yaitu: ilmu ulama', keadilan para penguasa, kedermawanan orang-orang kaya dan doa orang-orang fakir. seandainya tiada ilmu ulama', niscaya orang-orang yang bodoh binasa. seandainya tiada kedemawanan orang-orang kaya, maka binasalah orang-orang fakir. seandainya tiada doa orang-orang fakir, maka binasalah orang-orang kaya. dan seandainya tiada keadilan para penguasa, niscaya sebagian manusia makan sebagian yang lain, seperti srigala memakan domba."

Demikianlah pembahasan kali ini tentang 4 hal yang menjadikan dunia tetap tegak. dari hadis diatas dapat saya ambil sebuah kesimpulan yaitu sebagai berikut:

4 Penyebab tegaknya Dunia


  1. Ilmu  ulama, dengan begitu semakin ulma' banyak maka semakin kokoh juga agana kita.
  2. Kaadilan para penguasa, artinya jika pimpinan sebuah lembaga, negara dan lain sebagainya tersebut seperti peresident, perdana menteri, kepala sekolah, kepala sebuah perusahan yang lainnya.
  3. Kedermawanan orang-orang kaya, jika anda salah satu yang termasuk dalam golongan ahli sedekah atau sodaqoh, maka jangan sampai anda lupa untuk niat karena Allah, maka Allah akan menambahkan nikmatny, berbeda halnya  jika anda yang sedekah tadi karena ingin di puji oleh orang sekelilingmu niscaya pahala dari orang tersebut akan sia-sia.
  4. Doa seorang fakir, orang fakir adalah orang yang ekonominya sangat lemah. Ibaratnya jika dia butuh 10000 maka ia hanya memiliki 2500 saja, jadi serba kekurangan untuk membiayai hidup. dan jika mereka berdoa maka akan berdoa dengan sungguh-sungguh, dan Allah maha mengabulkan doa, apalagi di lakukan dengan bersungguh- sungguh.


Baiklah demikian share kami kali ini tentang sebab-sebab dunia masih tegak kokoh, apakah anda sudah termasuk salah satu dari orang-tersebut diatas? Jika ya maka berarti anda juga andil dalam menegakkan dunia yang kita tempati ini. Jika tidak termasuk sama sekali maka apa kelebihan kita. semoga bermanfaat. salam

No comments:

Post a Comment