Tuesday, April 12, 2016

Keutamaan Berpuasa pada bulan ramadhan

Keutamaan berpuasa pada Bulan Ramadhan, Allah berfirman "Hai orang-orang yang beriman diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana telah diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa, yaitu pada hari-hari yang telah ditentukan, maka barangsiapa diantara kamu sakit atau dalam perjalanan maka baginya wajib berpuasa sebanyak hari yang ditinggalkan pada waktu sakit dan bepergian pada hari-hari yang lain (Jika dia tidak berpuasa) Quran surat Al Baqarah 183-184.

1. Balasan puasa diberikan oleh Allah sendiri


Dari Nabi Muhammad SAW beliau menceritakan dari Tuhannya Allah berfirman "semua amal perbuatan anak cucu Adam adalah untuknya kecuali puasa sesungguhnya puasa itu untukKu dan akulah yang akan membalasnya karena puasa adalah amalan rahasia yang didalamnya tidak terdapat   amalan yang dapat diperlihatkan seperti ibadah-ibadah yang lain, juga karena Puasa itu adalah rahasia yang tidak diketahui oleh seorang pun kecuali Allah maka Allah sendiri yang memberi balasannya"

2. Tanpa hisab dan melewati siroth


Telah diriwayatkan dari nabi Muhammad SAW beliau bersabda "Apabila hari kiamat telah tiba maka datanglah sekelompok orang yang mempunyai sayap seperti sayap-sayap burung dan mereka terbang dengan sayap sayap itu di atas tembok surga, malaikat penjaga surga bertanya kepada mereka "siapakah kalian ini?" mereka menjawab "Kami adalah dari umat Muhammad SAW", penjaga surga berkata "Apakah kamu melihat HISAB?" mereka menjawab "tidak" kemudian penjaga surga berkata "Apakah kamu melihat siroth" mereka menjawab "tidak" kemudian penjaga surga berkata "sebab Apakah kamu mendapat derajat setinggi ini?" mereka menjawab "Kami beribadah kepada Allah di dunia dengan cara samar dan Allah memasukkan kami disurga dengan cara rahasia"

Apabila orang yang berpuasa itu menghawatirkan dirinya mati karena lapar dan haus atau orang sakit menghawatirkan bertambah parah maka bolehlah baginya berbuka dalam arti tidak puasa karena keadaan seperti ini adalah keadaan darurat sedangkan darurat adalah membolehkan hal-hal yang terlarang. keterangan dari Roudlotul ulama.

3. Di ampuni dosa-dosanya


Diriwayatkan dari Abu Hurairah ra Dia berkata Nabi Muhammad SAW bersabda "Barang siapa yang berpuasa bulan Ramadhan karena beriman dan mencari pahala, maka di ampunilah dosa-dosanya yang telah lewat".

Dari Nabi Muhammad SAW beliau bersabda "Sesungguhnya Allah SWT telah memerintahkan malaikat malaikat pencatat amal baik dalam bulan Ramadhan agar mereka tidak menulis segala kejahatan atas mereka, serta menghapus dosa-dosa mereka yang telah lampau". dari Muhammad SAW bersabda barangsiapa yang berpuasa bulan Ramadhan karena beriman dan mencari pahala Allah maka diampunilah baginya dosa yang telah berlalu. Zahrotur riyadl.

4. Pembebas siksa neraka


Diriwayatkan dari nabi Muhammad SAW beliau bersabda "Sesungguhnya Allah SWT pada setiap jam dari bulan Ramadhan selalu memerdekakan 600000 orang yang seharusnya disiksa sampai pada malam lailatul qadar, Dia memerdekakan sebanyak orang yang telah dimerdekakan sejak permulaan bulan Ramadhan dan dalam Idul Fitri dia memerdekakan orang sebanyak orang yang telah dimerdekakan sejak permulaan bulan sampai hari raya Idul Fitri. keterangan dari misykatul Anwar.

5. Di doakan Malaikat


Dari Nabi Muhammad SAW beliau bersabda "Sesungguhnya Allah SWT telah menciptakan malaikat yang berwajah empat satu wajah ke wajah lain terdapat jarak 1000 tahun perjalanan, dengan satu wajah dia bersujud kepada Allah sampai pada hari kiamat Seraya membaca Maha Suci engkau alangkah besarnya keindahanmu, dengan satu Wajah dia melihat ke neraka jahanam dan berkata Celakalah bagi orang yang akan memasuki nya, dengan satu wajah yang lain dia memandang ke surga dan berkata beruntunglah orang yang akan memasukinya, dan dengan satu Wajah dia memandang kearah arah Tuhan Yang Maha Pemurah dan berkata Ya Tuhanku berilah rahmat dan janganlah engkau menyiksa orang orang yang berpuasa di bulan Ramadhan dari umat-umat Muhammad. Zahroturriyadl.

No comments:

Post a Comment