Sunday, April 10, 2016

Keutamaan bulan Ramadhan

Keutamaan bulan Ramadhan ''(beberapa hari yang ditentukan) itu adalah bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya telah diturunkan Alquran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan petunjuk itu sebagai pembeda (antara kebenaran dan kebatilan).

Anjuran membaca shalawat ketika disebut Nabi Muhammad Saw


Dari Abu Hurairah radhiyallahu Anhu Dia berkata Nabi Muhammad s.a.w. telah bersabda ''Celaka bagi seseorang yang ketika namaku disebut disampingnya, tapi dia tidak mau membacakan shalawat kepadaku. Celakalah seorang laki-laki yang kedua Bapak ibunya atau seorang dari mereka masih di sampingnya, Tetapi dia tidak mau melakukan amal untuk memenuhi hak-hak mereka yang menyebabkan dia dapat masuk Surga. dan Celakalah seseorang yang menjumpai bulan Ramadhan, tetapi sampai bulan Ramadhan selesai dia masih belum mendapat ampunan''. Zubdatul waizhin

Karena bulan ramadhan adalah bulan rahmat dan ampunan dari Allah SWT. maka jika dia tidak mendapat ampunan dalam bulan itu berarti dia telah tertipu.

Dan dari Nabi Muhammad SAW. ''Barangsiapa membaca sholawat padaku pada hari Jumat 100 kali, Maka besok hari kiamat dia datang dengan bersinar, jika Sinar cahaya itu dibagikan kepada semua makhluk, tentu akan mencukupi' zubdatul waizhin.

Keutamaan menyambut kedatangan bulan Ramadhan


Nabi Muhammad SAW sesungguhnya beliau bersabda: ''Barangsiapa yang bergembira karena bulan Ramadhan datang, maka Allah akan mengharamkan tubuhnya atas neraka''.

Nabi Muhammad SAW bersabda :   ketika malam bulan Ramadhan masuk maka Allah SWT berfirman : '' barangsiapa yang mencintai Aku, maka Aku akan mencintainya. barang siapa yang mencariKu maka Aku akan mencarinya, dan barang siapa yang memohon ampunan kepadaKu maka Aku akan memerintahkan para malaikat petugas pencatat yang mulia, agar pada Bulan Ramadhan hanya mencatat segala kebaikan mereka, dan tidak mencatat kejahatan nya dan Allah menghapus dosa-dosa mereka yang telah lampau''.

Bulan Ramadhan bulan kitab kitab suci diturunkan


Diriwayatkan bahwa suhuf Ibrahim AS diturunkan pada malam pertama bulan Ramadhan, kitab taurot pada malam ke 6 bulan Ramadhan berselang 700 tahun sesudah suhuf Ibrahim As.   Kitab Zabur pada Malam Kedua belas dalam bulan Ramadhan berselang 500 tahun sesudah Taurat. Injil pada malam ke-18 dari bulan Ramadhan berselang 1200 tahun sesudah Zabur. dan Alquran diturunkan malam 27 dari bulan Ramadhan berselang 620 tahun sesudah Injil.  keterangan dari kitabul hayat.

Dari Ibnu Abbas RA Dia berkata aku telah mendengar Rasulullah SAW bersabda : ''seandainya umatku mengetahui apa yang ada pada bulan Ramadhan, maka mereka pasti akan menginginkan masa 1 tahun itu menjadi Ramadhan seluruhnya''

Hal ini disebabkan semua kebaikan berkumpul di dalam bulan Ramadhan ini, ketaatan selalu diterima di sisi Allah doa-doa dikabulkan, dosa-dosa diampuni dan surga merindukan mereka'' zubdatul wa'izhin.

Hafs Al Kabir berkata bahwa Daud at-tho'i ia berkata ''pada suatu malam pertama dari bulan Ramadan saya terlalu mengantuk, lalu tertidur dan bermimpi Melihat Surga. saya seakan-akan duduk di tepi sebuah sungai dan bersinar aku berkata :''  lailahailallah muhammadurrasulullah'' mereka serentak membaca ''laa ilaaha Illallah Muhammadur Rasulullah'' dan berkata : ''Kami adalah untuk orang-orang yang suka memuji Allah, berpuasa, ahli rukuk dan ahli sujud di bulan Romadhon.''

Oleh sebab itu Nabi Muhammad SAW bersabda :''surga itu merindukan 4 golongan : orang yang membaca al-quran, orang yang memelihara lidah, orang yang memberi makan orang-orang yang sedang kelaparan dan orang-orang yang berpuasa pada Bulan Ramadhan.'' Kitab rounaqul majalis.

Bulan Ramadhan bulan pengampunan   dalam sebuah khobar Hadis disebutkan ''apabila Hilal tanggal satu bulan Ramadhan telah tampak maka berteriaklah arasy, kursi, para malaikat dan makhluk yang lain. yang berkata ''Sungguh beruntung umat Muhammad karena mereka mempunyai kemuliaan di sisi Allah. matahari, bulan, bintang-bintang burung di udara, ikan di air dan semua yang bernyawa di permukaan bumi,  semuanya memohonkan ampun mereka siang dan malam kecuali setan-setan Laknatullah Alaihi. dan di waktu pagi hari Tidak seorangpun dari mereka kecuali telah diampuni. Allah SWT. berfirman kepada para malaikat jadikanlah Sholat dan bacaan tasbihmu selama bulan Ramadhan untuk umat Muhammad saw.

Hikayat berkenaan bulan ramadhan

Ada sebuah cerita, bahwa seorang laki-laki bernama Muhammad tidak pernah mengerjakan shalat.   tetapi ketika bulan Ramadhan tiba, dia berdandan dan berhias diri dengan pakaian bagus dan memakai wangi-wangian, lalu mengerjakan shalat dan mengqadha shalat shalat yang telah ditinggalkan. ditanya oleh seorang :''Mengapa engkau mengerjakan demikian?''dia menjawab ''Ini adalah bulan tobat rahmat dan barokah mudah-mudahan Allah mengampuni saya berkat karuniaNya''

Setelah dia meninggal dunia di Lihatlah dia dalam mimpi dan ditanya ''apa yang diperbuat Allah padamu?'' dia menjawab ''Allah telah mengampuni saya berkat saya mengagungkan bulan Ramadhan''.

''Dan dari Umar bin khotob Ra. dari Nabi Muhammad SAW. beliau bersabda ''Apabila seseorang di antara kamu bangun dari tidurnya pada bulan Ramadhan bergerak-gerak di tempat tidurnya dan membolak-balikkan tubuh ke kanan dan kekiri maka malaikat berkata ''bangunlah Semoga Allah memberkatimu dan memberi Rahmat kepadamu'', apabila dia berdiri dengan niat mengerjakan sholat maka tempat tidurnya mendoakannya dan berkata ''Ya Allah berikanlah padanya tempat tempat tidur yang tinggi'' apabila dia memakai pakaiannya maka pakaian itu mendoakannya dan berkata ''Ya Allah berikanlah padanya pakaian-pakaian surga'' apabila ia memakai kedua sandalnya mata kedua sandal itu berdoa untuknya dan berkata ''Ya Allah teguhkanlah Kedua telapak kakinya ketika berjalan diatas shirot'' apabila dia menyentuh tempat air maka tempat air itu berdoa dan berkata ''Ya Allah berikanlah padanya gelas-gelas surga'' apabila dia berwudhu maka air berdoa dan berkata ''Ya Allah sucikanlah dia dari segala dosa dan kesalahan'' dan apabila dia berdiri dan mengerjakan shalat maka rumah yang ditempati berdoa dan berkata ''Ya Allah Lapangkanlah kuburnya terangilah liang lahat nya dan penuhilah dengan rahmat'' Allah memandangnya dengan pandangan penuh rahmat serta berfirman ''Hai hambaku engkau berdoa dan kamilah yang akan mengabulkan, engkau meminta dan kami lah yang akan memberi dan engkau memohon ampun dan kamilah yang akan memberi ampunan''. zubdatul waizhin.

Bulan Ramadhan bulan pembebasan dari siksa neraka


Dari Nabi Muhammad SAW. beliau bersabda ''apabila malam pertama bulan Ramadhan tiba maka setan-setan dan para Jin yang durhaka di Belenggu, Pintu-pintu Surga dibuka dan tak satupun pintu ditutup. pada setiap malam di bulan Ramadhan Allah berfirman tiga kali ''Adakah orang yang meminta maka aku akan memenuhi permintaannya, Adakah orang yang bertaubat maka aku akan menerima tobatnya, dan Adakah orang yang memohon ampun maka aku akan memberikan ampunan.

dan Allah akan memerdekakan 1000000 orang yang seharusnya menerima siksa pada setiap hari di bulan Ramadhan. apabila hari Jumat di bulan Ramadhan itu tiba maka Allah akan memerdekakan 1000000 orang dari neraka pada setiap jam. apabila datang hari terakhir dari bulan Ramadhan maka Allah akan memerdekakan orang sebanyak orang yang telah dimerdekakan Sejak hari pertama bulan Ramadhan itu''. Zubdatul waizhin

Silahkan anda simak materi dari terjemah durrotun nasihin pada post berikutnya salam.

No comments:

Post a Comment