Saturday, April 30, 2016

Keutamaan Mencari Ilmu dari kitab Durroh

Dan kali ini tentang keutamaan mencari ilmu dari kitab Durratun Nasihin diriwayatkan dari Abu Hurairah dari Nabi Muhammad SAW. sesungguhnya beliau bersabda ''Barang siapa yang menempuh suatu perjalanan untuk mencari ilmu, maka Allah menuntunnya ke jalan menuju surga. Sesungguhnya orang alim itu dimohonkan ampunan oleh malaikat-malaikat di langit dan makhluk-makhluk di bumi sampai ikan-ikan di laut. dan sesungguhnya para ulama adalah pewaris para nabi.''

Dan dari Abu Dzar Dia berkata Nabi Muhammad SAW bersabda ''Hai Abu Dzar Sesungguhnya engkau pergi pagi-pagi lalu mengajarkan Satu bab ilmu dari kitab Allah SWT. adalah lebih baik bagimu daripada engkau mengerjakan sholat 100 rokaat, dan Sesungguhnya engkau pergi pagi lalu mengajarkan satu bab tentang ilmu yang diamalkan atau tidak, adalah lebih baik daripada engkau mengerjakan sholat 1000 rokaat."

Nabi Muhammad SAW juga bersabda ''Barangsiapa yang mempelajari Satu bab ilmu untuk diajarkan kepada manusia, maka dia diberi pahala 70 orang nabi."

Nabi Muhammad SAW. bersabda lagi barang siapa duduk di sisi Orang alim 2 jam, maka bersamanya dua suap, mendengar darinya dua kalimat, atau melangkah bersama nya 2 langkah maka Allah akan memberinya 2 buah surga, setiap surga sebesar 2 kali dunia." misykatul anwar.

Dari Ali karramallahu wajhah Nabi Muhammad Sallallahu Alaihi Wasallam beliau bersabda "Aku telah bertanya kepada Jibril mengenai orang-orang yang berilmu Jibril berkata "mereka adalah lampu-lampu umatmu di dunia dan di akhirat, beruntunglah orang yang mengenal orang-orang yang berilmu dan celaka bagi mereka yang menentang orang-orang yang berilmu dan membencinya." Al kawasi

Dari Nabi Muhammad SAW bersabda   "Barang siapa yang mengerjakan shalat dengan berjamaah, duduk dalam majelis ilmu, mendengarkan kalam Allah dan mengamalkannya, maka Allah akan memberinya 6 perkara yaitu :

  1. Rezeki halal
  2. selamat dari siksa kubur
  3. diberikan catatan amal melalui tangan kanannya
  4. lewat diatas sirath seperti kilat menyambar
  5. dikumpulkan di Mahsyar bersama para nabi
  6. dan Allah akan membangun untuknya sebuah istana di Surga dari bahan mutiara Yakut merah dan berpintu 40 buah

Dari Ibnu Abbas RA ia berkata "para ulama memiliki derajat di atas derajat orang mukmin yang lain dengan selisih 700 derajat dan di antara 2 derajat terdapat jarak 500 tahun perjalanan.

No comments:

Post a Comment