Sunday, September 25, 2016

Hikayat tukang penatu yang sedekah dengan 3 potong roti

Hikayat tukang penatu yang sedekah dengan 3 potong roti, hikayat sedekah tukang penatu. Baiklah pemirsa blog terjemah Durratun Nashihin yang kami muliakan, kali ini akan saya ceritakan yaitu kisah tukang penatu yang mau sedekah dengan 3 potong roti padahal sifat beliau sangat buruk. kisah ini saya ambil dari kitab terjemah Durratun Nasihin halaman 125 yaitu sebagai berikut :

Diriwayatkan bahwa Nabi Isa AS. pernah lewat di sebuah desa, di Desa itu terdapat seorang tukang penatu, penghuni Desa itu berkata kepada Nabi Isa "tukang sepatu itu selalu menahan air, meludahi, mengotorinya. dia meminta kepada Nabi Isa AS. berdoa kepada Allah agar dia tidak dapat pulang sekiranya dia pergi ke tempat lain Nabi Isa AS berdoa "ya Allah kirimkan seekor ular kepadanya dan janganlah engkau Kembalikan Dia".

masih lanjutan dari cerita Tukang penatu di atas bahwasanya "tukang penatu itu telah pergi untuk menatu pakaian di dekat air dan dia membawa 3 Potong Roti. Setelah dia berada di tempat air itu tiba-tiba ada seorang ahli ibadah (Abid) datang menghampirinya. Abid itu selalu beribadah di atas gunung di dekat sana. Abid itu Memberi salam dan berkata "Apakah ada sedikit makanan yang dapat yang kau berikan kepadaku, atau engkau memperlihatkan kepadaku sehingga aku dapat melihatnya atau mencium baunya? karena aku sudah tidak makan apapun sejak sekian hari".

tukang penatu itu memberinya sepotong roti maka berkatalah Abid itu "hai tukang penatu mudah-mudahan Allah mengampuni dosamu dan membersihkan hatimu. maka diberinya roti kedua dan abid itu berkata "hai tukang penatu mudah-mudahan Allah mengampuni dosa-dosamu baik yang telah lalu atau yang akan datang, diberinya roti yang ketiga kalinya dan berkatalah abid "Hai Tukang penatu Semoga Allah membangun sebuah gedung untukku di surga.

tukang penatu itu pulang ke desa dan para penghuni Desa itu berkata kepada Nabi Isa as. "tukang penatu itu ternyata kembali lagi" Nabi Isa AS berkata "Pergilah dia kemari", mereka memanggil tukang penatu itu dan dia menghadap Nabi Isa. abi Isa berkata "hai tukang penatu Ceritakanlah kepadaku apa yang engkau kerjakan hari ini?", maka tukang penatu itu menceritakan tentang air, roti yang diberikannya dan doa-doa Abid untuk Dirinya l.

Nabi Isa AS. berkata "bawa kemari tasmu itu" diberikannya tas itu kepada Nabi Isa dan Nabi Isa pun membukanya. tiba-tiba di dalam tas itu terdapat seekor ular hitam yang dibelenggu dengan rantai besi, Nabi Isa berkata "Hai ular hitam" ular itu menjawab "Ya nabi Allah" Nabi Isa berkata lagi "bukankah Engkau Dikirim kepada orang ini?, ular itu berkata "benar, tetapi waktu itu ada seorang minta-minta dari gunung itu, Dia minta makan dan orang ini memberinya makan, maka orang ini didoakan Sampai Tiga Kali dan disampingnya berdiri malaikat yang mengaminkan doa itu, maka Allah mengutus malaikat untuk membelenggu saya dengan rantai besi. Nabi Isa kemudian berkata "hai tukang penatu mulailah beramal, karena Allah telah mengampunimu". tanbihul ghofilin.

No comments:

Post a Comment