Monday, September 26, 2016

Penjelasan surat ali imran ayat 135-136 tentang tobat kepada Allah

Penjelasan surat ali imran ayat 135-136 tentang tobat kepada Allah,  Penjelasan ini yang tertera di dalam kitab terjemah durratun nasihin halaman 128 tentang Tobat kepada Allah swt. bab 10 Taubat kepada Allah SWT Allah, dalam Alquran Allah menjelaskan tentang orang-orang yang bertobat dalam Quran Surat Ali Imron ayat 135 sampai 136 yang artinya :

"dan orang-orang yang apabila mengerjakan perbuatan keji atau menganiaya diri sendiri, maka mereka Ingat kepada Allah, lalu memohon ampun atas dosa-dosa mereka dan siapa lagi yang dapat mengampuni dosa-dosa selain Allah? dan mereka tidak meneruskan perbuatan keji yang mereka kerjakan itu, sedang mereka mengetahui. mereka itu balasanya adalah ampunan dari Tuhannya dan surga-surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai sedang mereka kekal di sana. sebaik-baik pahala orang orang yang beramal Adalah surga.

Penjelasan kata-kata dalam ayat tentang taubat

Disebutkan, bahwa ayat diatas turun mengenai seorang laki-laki penjual kurma yang di dekat seorang perempuan untuk membeli buah kurma kepadanya. penjual kurma itu memasukkan perempuan itu ke dalam tokonya dan diciumnya. dia Lalu menyesali perbuatan itu, akhirnya ayat ini meluas kepada setiap orang yang berbuat dosa dan menginginkan Taubat dari perbuatan dosa besarnya seperti zina dan lainnya.

Kata "Alladzina" itu di 'athafkan pada kata "al-muttaqiin" (yang ada dalam ayat 133). yakni surga yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa dan orang orang yang bertobat. kemudian kata "Ulaaika" itu Isyarat kepada kedua golongan itu. atau dapat juga kata "alladziina" dijadikan mubtada' sedang khobatnya kata "ulaaika". Tafsir al kassyaf.

kata "fastaghfaruu Lidzunubihim" dalam ayat tersebut membuat lega hati orang-orang, membesarkan hati mereka, menggiatkan hati mereka untuk bertobat dan sekaligus memberantas keputusasaan untuk mendapat rahmat Allah. karena bagaimanapun besarnya dosa-dosa itu masih lebih besar ampunan Allah, dan masih lebih agung rahmatNya. tafsir Al kassyaf

kata "lidzunubihim" artinya karena dosa mereka, lalu mereka bertobat dari dosa itu dan menghindarinya serta berjanji dalam hati untuk tidak mengulanginya, ini adalah syarat-syarat tobat yang diterima. tafsir Al khazin

Adapun kata "wahum laa ya'lamuun" menurut Ibnu Abbas, berarti mereka mengetahui bahwa perbuatan itu adalah maksiat, "mereka mengetahui bahwa tetap meneruskan dosa itu adalah berbahaya". ada yang mengatakan lagi mereka mengetahui bahwa Allah SWT. menguasai pengampunan dosa dan mengetahui bahwa mereka mempunyai Tuhan yang berkenan mengampuni dosa itu.

ada lagi yang mengatakan mereka mengetahui bahwa Allah SWT. tidak akan menganggap besar ampunan dosa yang diberikan. Sebesar apapun dosa itu ada. Ada pula ahli tafsir mengatakan mereka mengetahui bahwa, jika mereka memohon ampunan maka Allah akan mengampuninya tafsir Al lubab.

Demikianlah pemirsa blog terjemahdurratun nasihin tentang Penjelasan surat ali imran ayat 135-136 tentang tobat kepada Allah, semoga bermanfaat bagi pemirsa sekalian. Salam

No comments:

Post a Comment