Sunday, September 18, 2016

Keutamaan membaca syahadat dan laa ilaaha illallaah muhammad rosulullaah

keutamaan membaca syahadat dan Lailahaillallah muhammadarrasulullah dari ubadah ash-shamit, sesungguhnya Nabi Muhammad SAW bersabda yang artinya "barang siapa bersaksi bahwa tiada tuhan kecuali Allah dan nabi Muhammad SAW. adalah utusan Allah, maka Allah mengharamkan neraka atas dirinya ad-duru al mantsur.

Masih hadits yang berkenaan dengan Keutamaan membaca syahadat dan laa ilaaha illallaah muhammad rosulullaah, dari Nabi Muhammad SAW beliau bersabda yang artinya "apabila seorang hamba membaca lailahailallah muhammadurrasulullah Keluarlah dari mulutnya malaikat seperti burung yang mempunyai dua buah sayap yang putih dan bertahtakan intan dan mutiara, sebuah sayap berada di dunia timur dan yang lain di dunia barat, apabila dia mengembangkan dua sayap itu maka kedua sayap itu melewati dunia timur dan barat. dia naik ke langit sehingga sampai ke arah dan berdengung seperti dengung lebah. malaikat-malaikat pemikul Arasy berkata "Tenanglah demi keagungan dan kebesaran Allah" ia menjawab "Aku tidak akan tenang sebelum Allah mengampuni orang yang telah mengucapkan kalimat itu". Lalu Allah memberinya 70000 lidah dan semuanya memohonkan ampun kepada orang yang mengucapkan kalimat itu sampai hari kiamat. dan ketika hari kiamat tiba maka malaikat itu datang Lalu menuntun tangan orang tersebut untuk dibawanya melewati shirath dan memasukkannya ke dalam surga. sungguh besar keutamaan membaca syahadat dan tahlil atau la ilahabillallah ini. (Roudlotul ulama)

Masih seputar hadits yang senada tentang Keutamaan membaca syahadat dan laa ilaaha illallaah muhammad rosulullaah, yaitu dari Jabir bin Abdillah dari Nabi Muhammad SAW beliau bersabda pada malam mi'roj yang artinya :

"ketika dinaikkan ke langit aku melihat sebuah kota dari cahaya yang besarnya 1000 kali dunia dan digantung dengan rantai-rantai dari cahaya di bawah Arasy. kota itu mempunyai 100000 pintu yang berdiri sendiri sendiri. pada tiap-tiap pintu terdapat sebuah kebun yang dihampiri rahmat Allah, pada setiap kebun terdapat sebuah gedung dari cahaya, pada setiap gedung terdapat sebuah rumah dari cahaya, pada setiap rumah terdapat 70 ruang dari cahaya, pada setiap ruang terdapat kamar dari cahaya, diatas kamar terdapat sebuah kamar tingkat dari cahaya, pada setiap kamar tingkat itu terdapat 400 pintu, pada setiap pintu terdapat 2 buah daun pintu sebuah dari emas dan sebuah lagi dari perak, di depan setiap pintu terdapat sebuah tempat tidur jari cahaya, diatas setiap tempat tidur terdapat sebuah kasur dari cahaya dan di atas setiap kasur duduk seorang bidadari dari bidadari- bidadari yang bermata jeli. seandainya seorang bidadari memperlihatkan jari manisnya ke dunia ini maka sinarnya akan mengalahkan matahari dan bulan.

aku bertanya kepada Tuhanku "ya Tuhanku Apakah ini untuk seorang nabi atau seorang yang benar imannya ?  Allah SWT berfirman "ini untuk orang-orang yang berdzikir di tengah-tengah malam dan di penghujung-Penghujung siang mereka masih mendapatkan tambahan lagi disisiku dan karuniaku lebih luas lagi. tanbihul ghofilin


masih seputar keutamaan membaca syahadat dan Lailahaillallah yaitu sebuah hadis dari Nabi Muhammad SAW yang artinya :

"sesungguhnya Pada suatu hari beliau duduk dalam keadaan sedih, maka datanglah Malaikat Jibril Kepada beliau dan berkata "Mengapa engkau bersedih padi seperti ini?

Allah telah memberikan kepada umatmu lima mahal yang belum pernah diberikan kepada salah seorang sebelummu yaitu :

Pertama : Allah SWT telah berfirman "aku menurut anggapan hambaku terhadapku dan aku (Allah) tidak akan menyalahi sangkaan hamba itu.

Kedua : orang yang menutupi cela orang lain di dunia, maka Allah tidak membuka celanya di hari kiamat.

Ketiga : Pintu Taubat tidak pernah ditutup untuk umatmu, selama mereka belum ghorghoro (nyawa di tenggorokan)

Keempat : orang yang datang dengan membawa dosa sepenuh bumi sekalipun tetap akan diampuni Allah, asal dia mau membaca lailahailallah muhammadurrasulullah.

Kelima : adzab akan dihilangkan dari orang-orang mati berkat doa orang-orang masih hidup. (Zahratur riyadh)

Selanjutnya ada hadits yang menerangkan selain tentang keutamaan membaca syahadat dan membaca lafadz lailahailallah muhammadurrasulullah dari kitab dzurratun nasihin namun lebih menerangkan Kekuadaan Allah. yaitu dari Ibnu Abbas RA berkata yang artinya :

"Allah SWT telah menciptakan arwah-arwah sebelum jasad dengan selisih waktu 4000 tahun dan menciptakan rejeki sebelum arwah dengan selisih waktu 4000 tahun juga. Allah mempersaksikan dzatnya dengan DzatNya sendiri sebelum menciptakan makhluk, yaitu sebelum ada langit, bumi, daratan dan lautan. Allah SWT berfirman "Allah menyatakan bahwa tidak ada Tuhan kecuali Dia yang menegakkan keadilan. para malaikat dan orang-orang yang memiliki ilmu juga menyatakan yang demikian itu, tidak ada Tuhan kecuali Dia yang maha perkasa lagi maha bijaksana. tafsir Al-Khozin

Selanjutnya masih berkaitan dengan lafadz syahidallau yaitu dari Said bin jubair Dia berkata :

Di sekitar Ka'bah terdapat 360 buah berhala, setelah Ayat tersebut (syahidallahu) dan seterusnya turun, berjatuhanlah berhala-berhala itu, ada pula yang mengatakan bahwa ayat tersebut turun mengenai dakwaan orang-orang Nasrani najran terhadap Nabi Isa Abu As- Su'ud.

Al Kahfi berkata "ada dua pendeta di antara pendeta-pendeta negeri Syam di Madinah menghadap Nabi SAW. dua orang pendeta dari negeri Syam itu ketika melihat Madinah berkata "alangkah miripnya kota ini dengan kota nabi yang akan datang di akhir zaman itu, setelah mereka masuk menghadap Nabi Muhammad SAW. Mereka ternyata mengenali nabi dengan sifat yang mereka ketahui. Mereka bertanya "apakah engkau Muhammad?" Nabi Muhammad menjawab "ya". Mereka bertanya lagi engkau Ahmad? beliau menjawab "Ya" aku Muhammad dan Ahmad.

Mereka berkata "kami akan bertanya kepadamu tentang sesuatu jika engkau dapat menerangkannya kepada kami, maka kami akan beriman dan membenarkanmu. nabi Muhammad SAW bersabda "bertanyalah" mereka berkata "Terangkanlah kepadaku mengenai kesaksian terbesar dalam kitab Allah, Lalu Allah menurunkan ayat tersebut "syahidallahu dan seterusnya" kedua pendeta itu kemudian menyatakan masuk Islam. (Abu as su'ud)

Dari Abu Hurairah Ra. dari Nabi Muhammad SAW "pada hari kiamat semua amal akan datang untuk berhujah dan membela serta memberi syafaat kepada yang melakukannya, yaitu salat dia berkata "Ya Tuhanku aku adalah shalat" Allah SWT berfirman "engkau datang dalam keadaan baik", sedekah, ia berkata "Ya Tuhanku aku adalah sedekah" Allah berfirman "ya engkau datang dalam keadaan baik" puasa, ia berkata "Ya Tuhanku aku adalah puasa" Allah berfirman "engkau juga datang dalam keadaan baik" kemudian Islam datang dan berkata "aku adalah Islam dan engkau yang maha salam (Maha memberi selamat) Allah SWT berfirman "engkau datang dengan keadaan baik. Allah Swt berfirman demikian, karena Islam itulah yang menghimpun semua amalan.

Demikianlah materi tentang Keutamaan membaca syahadat dan laa ilaaha illallaah muhammad rosulullaah dari kitab terjemah durratunnasihin. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment