Saturday, September 3, 2016

Balasan orang yang shalat tepat waktu dan ancaman bagi yang mengakhirkannya

Balasan orang yang shalat tepat waktu dan ancaman bagi yang mengakhirkannya, baiklah para pemirsa blog terjemahbdurratun nasihin yang budiman sebuah materi yang penting untuk kita renungkan yaitu berkenaan dengan balasan orang yang gemar melaksanakan shalat pada waktunya serta ancaman bagi orang yang mengakhirkannya.

Di kutip dari sebuah hadits nabi yang berkenaan dengan hal tersebut yang artinya: Rasulullah SAW bersabda "Meriwayatkan dari Allah SWT. Dia berfirman "tiga hal, barangsiapa yang memeliharanya Maka dia itu betul betul WaliKu, dan barangsiapa yang menyia-nyiakannya maka dia adalah musuhKu yang nyata". ditanyakan Ya Rasulallah apa saja tiga hal itu..?

Beliau bersabda "salat, puasa dan mandi janabah. beliau bersabda lagi "ketiganya adalah amanah Allah kepada hambaNya, dan memerintahkan supaya memeliharanya".

Yang dimaksud memelihara adalah mengerjakannya pada waktunya dengan memenuhi fardu fardlunya, wajib-wajib dan Sunah sunahnya. apabila seorang laki-laki mengerjakan sangat bukan pada waktunya, maka dia benar-benar telah menyia-nyiakan salat itu sebagaimana yang diriwayatkan dalam hadits bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda yang artinya:

Pada malam aku diisra'kan ke langit Aku melihat beberapa laki-laki dan perempuan dipukuli kepalanya, lalu otak-otak mereka mengalir seperti sungai besar, mereka berteriak "Aduh.. celaka aku! aduh kebinasaanku! aku bertanya kepada Jibril "Siapa mereka itu? dia menjawab "yaitu orang-orang yang mengerjakan shalat tidak pada waktunya". Semoga kits terhindar shalat di ahir waktu amin..

Masih berkenaan dengan balasan orang yang mengerjakan shalat pada waktunya serta ancaman orang yang mengakhirkan waktu salat, yaitu ada sebuah Dalil yang menunjukkan hal itu sebagaimana firman Allah SWT   yang artinya "telah datang setelah mereka itu Para pengganti yang menyia-nyiakan shalat dan mengikuti nafsu". Quran Surat Maryam ayat 59.

Termasuk bagian orang tersebut adalah orang yang mengerjakan shalat tidak berjamaah, sebagaimana yang telah diriwayatkan "ada seorang laki-laki datang kepada Nabi Muhammad SAW. dan berkata "Aku telah bermimpi dalam tidurku seakan-akan di sebelah tanganku ada 20 Dinar dan pada tangan yang lain hanya ada 4 Dinar, lalu 20 Dinar jatuh dari tanganku dan 4 Dinar menjadi merah". Nabi Muhammad SAW. bersabda "Apakah engkau mengerjakan salat Isya berjamaah?" dia menjawab "tidak" beliau bersabda lagi "yang jatuh itu adalah pahala jamaah yang kamu lewatkan, sedang yang 4 adalah salat yang kamu kerjakan di rumah yang tidak diterima". naudzubllah min dzalik. Zahratur riyadh.

Nabi Muhammad bersabda lagi yang nasih berkenaan balasan orang- orang yang di maksud yang artinya "barangsiapa yang mengerjakan salat lima waktu maka salat itu akan menjadi cahaya, petunjuk dan penyelamat baginya di hari kiamat, barangsiapa yang tidak mengerjakannya maka tidaklah ada cahaya, petunjuk dan penyelamat baginya besok di hari kiamat. tabyunul Muharrim

10 Golongan yang tidak di terima shalatnya

Masih dari hadits nabi lagi yang artinya: " sepuluh golongan yang tidak diterima shalatnya oleh Allah :

  1. Seorang laki-laki yang mengerjakan shalat sendirian tanpa membaca fatihah
  2. Orang yang mengerjakan shalat tetapi tidak memenuhi zakatnya
  3. Orang yang menjadi imam sebuah kelompok orang, sedang mereka tidak menyukainya
  4. Budak yang melarikan diri
  5. Pecandu arak
  6. Perempuan yang suaminya merasa jengkel kepadanya
  7. Perempuan yang shalat tanpa memakai tudung kepala
  8. Pemimpin yang jabir jair
  9. Pemakan riba
  10. Orang yang shalatnya tidak mencegahnya dari perbuatan keji dan mungkar


Nabi muhammad bersabda lagi yang artinya: " barangsiapa yang shalatnya tidak dapat mencegahnya dari perbuatan keji dan mungkar, maka shalatnya itu hanya menambah kemurkaan Allah kepadanya."

Al Hasan berkata "apabila shalatmu tidak dapat mencegahmu dari perbuatan keji, maka Engkau bukanlah orang yang salat, dan salat mu itu akan dipukulkan kepadamu di hari kiamat pada wajahmu Seperti kain kasar lagi kumal".

Demikianlah seputar kajian tentang balasan orang yang tekun shalat berjamah serta ancaman bagi mereka yang mengabaikannya. Semoga bermanfaat bagi pemirsa sekalian. Salam.

No comments:

Post a Comment