Friday, June 10, 2016

Aktivitas Kehidupan setelah di Dunia

Pemirsa yang budiman, tentu kita percaya bahwa akan ada sebuah kehidupan setelah kehidupan di dunia, sesuai dengan judul artikel ini yaitu aktivitas kehidupan setelah di dunia, maka pasti akan menebak setelah kehidupan di dunia yaitu kehidupan ahirat, karena anda adalah seorang yang beriman, namun bagaimana jika orang tersebut belum mengenal islam, lalu apakah mungkin ia langsung mempercayai kehidupan setelah di dunia ini?

Jadi kali ini akan kami bahas mengenai aktivitas kehidupan di dunia berlanjut di ahirat. Pembahasan ini saya ambil dari kitab terjemah durratun nasihin. Jadi aktivitas Atau segala kegiatan manusia di dunia tidak berhenti begitu saja setelah mereka mati, akan tetapi masih terus berlangsung urusannya hingga di akhirat nanti. di akhirat inilah semua kegiatan mereka di dunia baik yang berkaitan dengan hak-hak Allah maupun hak-hak yang berkaitan dengan sesama manusia akan diselesaikan.

Kisah yang berkenaan dengan kehidupan setelah di dunia

Tersebut dalam sebuah khobar (hadits) dari Nabi Muhammad SAW. beliau bersabda mengenai akan ada sebuah kehidupan setelah di dunia ini yang artinya :" Barangsiapa yang mempunyai tanggungan sebuah penganiayaan terhadap saudaranya baik berupa kehormatan atau harta benda, hendaklah dia memohon kepada orang yang dianiaya agar memberikan tanggungan penganiayaan itu kepadanya. minta halalnya atau membayarnya kepada saudaranya yang dianiaya itu. sebelum musuh-musuhnya mengambil dari dirinya pada hari yang tidak lagi ditemukan Dinar atau Dirham."

Dalam pembahasan tentang aktivitas kehidupan setelah di dunia ini ada sebuah kisah yaitu Pada zaman dahulu ada seorang nelayan telah berhasil menangkap seekor ikan. tetapi seorang pemuda perkasa telah merampas ikan itu dari tangannya dan memukulnya. nelayan itu berkata : "Ya Tuhanku engkau telah menciptakan aku dalam keadaan lemah dan engkau ciptakan dia dalam keadaan gagah perkasa, sehingga dia dapat memperdaya aku, karena itu kirimkanlah makhluk-Mu agar memperdaya (mengalahkan)nya supaya menjadi pelajaran bagi setiap Muslimin."

setelah Pemuda Perkasa itu sampai di rumah dia menggoreng ikan itu, ketika dia meletakkan ikan itu di atas hidangan, duri ikan itu menyengatnya dengan izin Allah SWT. tangan yang Tertusuk Duri ikan itu bertambah parah dan berulat. ulat ulat itu memakan tangannya. dia tidak tahan lagi dan terpaksa tangan itu harus dipotong, tetapi ular itu malah menjalar ke lengannya dan terpaksa dipotong lagi. kemudian dia tidur dan bermimpi melihat seseorang berkata kepadanya : "Kembalikanlah hak itu kepada pemiliknya, Agar engkau selamat dari penyakit ini" setelah itu dia bangun Dia teringat bahwa sakitnya berhubungan dengan penganiayaan itu. maka datanglah dia pada nelayan dan memberinya 10000 dirham dan meminta halal kepadanya. ketika nelayan itu menghalalkannya, berjatuhanlah ulat itu dari dirinya dan tangan itu mulai sembuh seperti sedia kala dengan kekuasaan Allah SWT. diambil dari mukasyafatul Qulub.

hadits yang senada dari Abu umamah ra. yang masih ada kaitannya tentang aktivitas kehidupan setelah dindunia, Dia berkata "ketika ada seseorang laki-laki meninggal dunia dan diletakkan dalam kuburnya maka malaikat datang kepadanya dan duduk di arah kepalanya. malaikat itu menyiksa dan memukulnya dengan sebuah palu dan semua anggota tubuhnya terbakar api dalam kuburnya. kemudian dikatakan kepada-nya "Ayo berdiri dengan ijin Allah tiba-tiba dia berdiri tegak dan berteriak keras, yang didengar semua makhluk yang ada di langit dan bumi kecuali jin dan manusia. mayat itu berkata kepadanya "Mengapa engkau kerjakan semua ini dan mengapa engkau semua menyiksaku sedang aku mengerjakan shalat, menunaikan zakat dan berpuasa Romadhon?"

malaikat menjawab "aku menyiksamu karena engkau pernah melewati orang yang dianiaya, sedang dia minta tolong kepadamu tetapi engkau tidak menolongnya. engkau pun mengerjakan shalat tetapi engkau tidak membersihkan diri dari air kencingmu."

karena itulah dapat disimpulkan tentang kehidupan setelah di dunia akan berlanjut di ahirat, bahwa menolong orang yang dianiaya adalah wajib, sebagaimana diriwayatkan dari nabi Muhammad SAW yang artinya : "Barang siapa yang melihat seseorang yang dianiaya dan orang-orang itu minta tolong padanya, Tetapi dia tidak mau menolongnya maka dia dipukul dalam kuburnya dengan 100 cambuk dari api." (mukasyafatul Qulub)

Masih mengenai kehidupan setelah di dunia, nabi muhammad saw bersabda : "yang artinya : "barangsiapa yang berzina dengan seorang perempuan muslim atau bukan muslim, merdeka atau Budak, lalu dia mati sebelum bertobat maka Allah membuka 300 buah pintu neraka yang mengarah pada kuburnya. Dia menyiksanya di dalam kubur itu sampai hari kiamat, lalu ketika hari kiamat tiba dia masuk neraka bersama orang-orang yang memasukinya." (Hayatul Qulub

Dekikianlah pembahasan sekilas aktivitas Kehidupan setelah di dunia yang akan berlanjut di ahirat, maka dari itu setelah anda membaca artikel ini jangan sampai anda gunakan mata tanpa guna, yaitu setelah baca langsung di lupakan begitu saja. Namun ambillah uikmahnya, artinya persiapan untuk menuju kehiduan yang sebenarnya, kekal abadi yaitu di Ahirat, semoga kita tergolong dari orang-orang yang beruntung. Salalm

No comments:

Post a Comment