Thursday, June 30, 2016

Keutamaan sedekah dengan menjamu tamu

Keutamaan sedekah dengan menjamu tamu

Baiklah para pemirsa, melanjutkan tentang keutamaan-keutamaan dari sedekah, disini akan saya bagikan juga tentang fadilah sedekah untuk menjamu tamu anda, dan keterangan ini saya ambil dari kitab durratun nasihin. Baiklah langsung saja Rosulullah SAW. Bersabda “Barang siapa memuliakan tamu, maka dia telah memuliakan aku, dan barang siapa yang memuliakan aku, berarti telah memuliakan Allah SWT. barangsiapa yang menjengkelkan tamu, berarti dia membuat aku jengkel, dan barangsiapa yang membuat aku jengkel, berarti telah membuat murka Allah SWT. Nabi

Ada sebuah hadits lagi yang masih berkenaan dengan fadilah sedekah untuk menjamu tamu, Nabi Muhammad bersabda lagi Bismillahirrohmanirrohim “ inna adldloifa idza dakhola baita al-mu’min, dakhola ma’ahu alfu barokatin wa alfu rohmatin” yang artinya “sesungguhnya tamu itu apabila masuk sebuah rumah orang mukmin, maka masuk pula bersamanya 1000 macam berkah dan seribu macam Rahmat.” Sungguh sangat berharga tamu untuk kita.

Nabi Muhammad SAW bersabda lagi masih berkaitan dengan sedekah untuk tamu, yang artinya “tiada seorang yang didatangi tamu lalu dia memuliakan dengan makanan apa saja yang dimilikinya kecuali Allah akan membuka baginya sebuah pintu di surge, Barang siapa yang membangun sebuah tempat gersang yakni membuat kenyang orang yang lapar maka dia berhak masuk surga dan barangsiapa yang enggan memberi makanan kepada orang yang lapar maka Allah akan menghalangi karunianya daripadanya kelak di Hari Kiamat dan Allah akan mengadzabnya di neraka. dan barangsiapa yang memberi makan orang yang lapar karena mencari ridho Allah SWT. maka dia wajib masuk surga.” Sungguh sangat besar pahala sedekah untuk para tamu yang dating ke rumah kita. Jadi tiada alasan lagi bagi kita untuk tidak menghormati tamu yang datang.

Masih dari Nabi Muhammad bersabda lagi yang artinya “amal yang paling mulia di permukaan bumi ini ada 3 yaitu :
  1. mencari ilmu
  2. jihad
  3. dan mencari rezeki halal
orang yang mencari ilmu adalah dicintai Allah SWT. orang yang berjihad adalah Wali Allah dan orang yang mencari rezeki halal adalah dimuliakan di sisi Allah. (diambil dari kitab daqoiqul Akhbar)

Masih dari hadits nabi yang menyangkut tentang keutamaan sedekah kepada tamu, Nabi Muhammad SAW bersabda lagi “Ittquu an-naro walau bi syiqqi tamrin” yang artinya “takutlah kamu dari neraka (yakni Buatlah tameng (perisai) antara kamu dan neraka ) meskipun dengan sedekah berupa separuh butir kurma, karena setengah butir kurma itu sudah dapat mempertahankan nyawa lebih-lebih bagi seorang anak kecil maka janganlah sekali-kali orang yang bersedekah itu meremehkannya. hadis tersebut diriwayatkan Al Bukhari dan Muslim berdasarkan riwayat dari Adi bin Hatim Al jami' as-shoghir.


Kesimpulan Fadilah sedekah menjamu tamu

Kesimpulannya adalah bahwa baersedekah / berinfaq di jalan Allah adalah suatu arena untuk mencari pahala dan keselamatan dari ketakutan penderitaan dan segala macam bencana lainnya baik di dunia maupun akhirat kelak. sebagaimana riwayat Al khotib dari Anas ra Rasulullah SAW bersabda “as-shodaqotu tamna’u sab’iina nau’an min anwaa’in al-balaa-i, ahwanuhaa al-judzamu” yang artinya sedekah itu dapat menolak 70 macam bencana dan yang paling ringan adalah sakit judzab( lepra) dan sakit belang. Semoga bermanfaat. salam baca juga Hikayat berkenaan dengan sedekah

No comments:

Post a Comment