Thursday, June 30, 2016

Ancaman Bagi Pemakan Harta Riba

Ancaman dari Memakan Riba, Baiklah para pemirsa kali ini pembahasan tentang ancaman bagi pelaku riba, pemakan harta riba, pemakan hasil dari Riba dan lain sebagainya, namun sebelum lebih dalam kami bahas, maka sebaiknya anda ketahui juga atas Celaan terhadap orang yang makan riba yang tertera dalam kitab suci Al-qur’an yang artinya “Orang-orang yang makan (mengambil) riba tidak dapat berdiri kecuali seperti berdirinya orang yang kerasukan setan karena tekanan penyakit gila, keadaan mereka seperti itu adalah dikarenakan mereka berkata bahwa sesungguhnya jual beli itu sama dengan riba, padahal allah menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba. Quran surat Al- Baqarah 275.

Dalam kitab durratun nasihin setelah pembahasan di tentang bahaya riba di atas tiba-tiba membahas keutamaan membaca sholawat nabi, jadi silahkan baca saja tidak ada masalah. Keutamaan membaca shalawat kepada nabi Muhammad SAW. dari Zaid bin Khattab Dia berkata yang artinya "barangsiapa yang membaca shalawat dengan Allahumma sholli ‘ala Muhammadin wa aanzilhu manzil al-muqorroba indaka yaumal qiyamati." Ya Allah berikanlah tambahan rahmat pada nabi Muhammad SAW dari tempatkanlah dia di tempat yang dekat dengan engkau kelak di hari kiamat, maka dia berhak mendapat syafaat ku.

Lalu ancaman apakah bagi pelaku pemakan harta riba? Di ceritakan dari Abi Hurairah Ra. dari Nabi Muhammad SAW sesungguhnya beliau bersabda yang artinya " 4 orang yang seharusnya tidak dimasukkan ke dalam surga oleh Allah dan dia tidak mencicipi kenikmatan surga, mereka itu adalah :
  1. Peminum arak
  2. Pemakan riba
  3. Pemakan harta anak yatim tanpa hak
  4. dan orang durhaka kepada ayah dan ibunya (Hadis riwayat Al Hakim)
Dalam hadis ini terdapat dua penafsiran
  1. hadis ini diarahkan kepada orang yang mengerjakan 4 hal seperti dalam hadis dan menganggapnya halal
  2. Allah SWT tidak memasukkan mereka ke dalam surga bersama orang-orang yang beruntung dan orang-orang yang Selamat masuk surga. kemudian Allah mungkin menghukumnya dengan melarangnya masuk surga, tetapi kemudian memasukkannya ke surga, dan mungkin tidak menghukum demikian tetapi allah mengampuninya.
Masih berkenaan dengan ancaman harta dari hasil Riba yaitu sabda Nabi yang di riwayatkan Dari Abu Hurairah ra. Dia berkata Nabi Muhammad SAW. bersabda yang artinya " Hindarilah 7 macam dosa yang membinasakan, Mereka bertanya apakah tujuh dosa itu, beliau bersabda:
  1. menyekutukan Allah
  2. sihir
  3. membunuh orang yang diharamkan Allah kecuali dengan hak
  4. makan riba
  5. makan harta anak yatim
  6. mundur dan melarikan diri dari medan perang
  7. dan menuduh zina perempuan baik-baik yang lemah dan beriman
Dari Abdullah Bin Mas'ud ra Dia berkata Nabi Muhammad SAW bersabda yang artinya "riba itu ada 73 bidang dan yang paling ringan dari 73 itu adalah seorang laki-laki berzina dengan ibunya." (Hadis riwayat Al Hakim) Nabi Muhammad SAW bersabda lagi yang artinya nilai atau dosa riba itu lebih besar di sisi Allah daripada 33 kali zina yang dilakukan seorang laki-laki dalam Islam” Nabi Muhammad SAW juga bersabda yang artinya "satu dirham riba yang dimakan oleh seseorang sedang dia mengetahui itu lebih berat siksa-nya daripada 36 kali zina" ( hayatul  qulub). Semoga bermanfaat, salam, baca juga Keutamaan sedekah dengan menjamu tamu

No comments:

Post a Comment