Tuesday, June 14, 2016

Anjuran sedekah dan infaq di jalan Allah

Baiklah pemirsa budiman sekarang kita akan ngaji dengan pembahasan Anjuran sedekah dan infaq di jalan Allah. Pembahasan ini dalam kitab durratun nasihin tepat pada bab VI dengan judul asli "Sedekah dan infaq dijalan Allah SWT" hal ini sesuai Firman allah yang menceritakan tentang orang-orang yang mau menginfakkan hartanya di jalan Allah yaitu laksana menanam 1 butir biji padi yang nantinya akan menumbuhkan 7 tunas, kemudian setiap 1 tunasnya akan menghasilkan buah atau biji 100 biji. Untuk lebih jelasnya tentang hal ini silahkan anda lihat Q.S al-baqoroh: 261 yang artinya:


"Perumpamaan orang-orang yang menginfakkan harta benda mereka dijalan Allah adalah seperti butir biji yang menumbuhkan tujuh bulir, dan pada setiap bulir terdapat 100 biji. dan Allah melipatgandakan pahala bagi orang yang dikehendaki-nya Allah Maha luas karunianya lagi Maha Mengetahui".

Sebab turunnya ayat anjuran infaq

ayat tersebut di atas tentang anjuran sedekah infaq di jalan Allah turun berhubungan dengan sikap Utsman bin Affan dan Abdurrahman bin Auf, ketika Rasulullah menganjurkan kaum muslimin agar bersedekah sewaktu beliau hendak berangkat ke Perang Tabuk. maka datanglah Abdurrahman bin Auf dengan membawa 4000 dirham Dia berkata Ya Rasulallah Aku memiliki 8000 dirham. lalu aku menyimpannya 4000 dirham daripadanya untuk diriku dan keluargaku sendiri, dan yang 4000 dirham aku hutangkan kepada Tuhanku.

maka Rasulullah SAW bersabda kepadanya "Semoga Allah memberkati Apa yang kau simpan dan apa yang kau infakkan". Utsman bin Affan juga berkata "Ya Rasulullah aku menanggung perlengkapan orang-orang yang belum memiliki perlengkapan, lalu turunlah Ayat tersebut di atas".

Al Kalabi dan muqatil berkata "ayat ini diturunkan sehubungan dengan sikap Ali bin Abi Tholib ra. dia memiliki empat dirham Setelah turun ayat yang menganjurkan sedekah, maka menyedekahkan satu dirham pada malam hari, satu dirham di siang hari satu dirham dirahasiakan, dan satu dirham selagi dengan terang-terangan lalu turunlah ayat diatas.

Demikianlah sekilas tentang pembahasan anjuran Infaq dan sedekah dinjalan Allah. Semoga bermanfaat. Sampai jumpa salam.

No comments:

Post a Comment