Tuesday, June 28, 2016

Kutukan dan siksaan orang yang bersangkut paut riba

Kutukan dan Siksaan orang yang bersangkut-paut riba seperti Pemakan riba, pelaku, pencatat dan saksi-saksi riba. dari Jabir bin Abdillah ra berkata "Rasulullah SAW melaknat pemakan riba, orang yang memberi makan riba, penulis dan saksinya (dari kitab Al Firdaus al-ahbar).

dari Abu Sa'id Al hudori ra ia berkata Nabi Muhammad SAW bersabda dalam kisah Isra'

"lalu Jibril berangkat membawaku kepada seorang laki-laki yang banyak sekali masing-masing perutnya sebesar perut unta yang gemuk. mereka saling berebut satu sama lainnya, mengikuti jalan yang dilalui rombongan Fir'aun. rombongan Firaun itu mendorong-dorong mereka bersama-sama masuk ke neraka pagi dan sore, dan mereka datang seperti unta yang rakus, yakni seperti unta yang diteriaki agar cepat jalannya. atau seperti unta yang rakus yang segera ingin makan makanan karena lapar. mereka menerobos batu-batuan dan pepohonan tidak mau mendengarkan dan tidak mau memikirkan akibatnya. ketika gerombolan laki-laki yang berperut besar itu merasakan desakan rombongan Firaun berdirilah mereka dan tapi perut maka perut mereka membuat mereka roboh kembali dan pingsan. demikianlah setiap seorang dari Mereka berdiri maka perutnya membuat roboh dan pingsan. mereka tidak kuasa untuk kembali yakni pindah dari tempat mereka itu sehingga rombongan Fir'aun selalu mendorong mereka baik ketika berangkat maupun kembalinya. itulah siksa mereka di alam barzah.

Dan masih mengenai hadits tentang kutukan dan siksaan bagi pelaku riba Nabi Muhammad SAW bersabda yang artinya "dan rombongan Firaun berkata "Ya Allah, janganlah engkau datangkan kiamat untuk selama-lamanya". Allah berfirman yang artinya "masukkanlah Firaun dan rombongannya ke dalam siksa yang paling dahsyat. aku bertanya "hai Jibril Siapakah mereka itu? Jibril menjawab "mereka adalah pemakan pemakan riba dari umatmu.

"mereka tidak dapat berdiri kecuali seperti berdirinya orang-orang yang kerasukan setan karena gila".

dari samurah bin jundub ra. Dia berkata "Nabi Muhammad SAW ketika Selesai mengerjakan sholat subuh beliau menghadap kepada kami Dan bersabda kepada para sahabatnya "Adakah seorang diantara kamu yang telah bermimpi? lalu dia bercerita tentang banyak hal. beliau bertanya "apakah ada seorang diantara kamu yang bermimpi semalam? kami berkata "tidak" beliau bersabda lagi "aku tadi malam bermimpi melihat 2 orang yang datang kepadaku. mereka membawaku keluarga sebuah tanah yang disucikan. kami berangkat dan sampailah pada sebuah sungai darah. di sana terdapat seorang laki-laki lain yang menghadap pada batu. laki-laki yang berada dalam Sungai datang dan bermaksud untuk naik, tetapi ketika hendak naik laki-laki yang berada di tepi sungai melempar mulutnya dengan batu dan kembalilah dia pada tempat semula. aku lalu bertanya "siapakah yang aku lihat dalam Sungai itu? Jibril menjawab "orang yang makan riba" ( hadis riwayat Imam Bukhari).

Masih berkenaan dengan siksaan bagi pelaku, pemakan riba dari Rifa'i ra. Dia berkata "aku pernah menjual gelang kaki yang terbuat dari perak kepada Abu Bakar, gelang kaki itu diletakkan pada timbangannya yang sebelah dan dirham dirham diletakkan pada sebelah lain, ternyata gelang kaki itu sedikit lebih berat. diambilnya gunting untuk memotongnya maka aku berkata "kelebihannya untukmu wahai khalifah Rasulullah". Abu Bakar berkata "aku telah mendengar Nabi Muhammad SAW bersabda "az zaaidu wa al mustaziidu fi an-annaar". yang artinya "orang yang menambah dan orang yang minta tambahan adalah di neraka".

Demikianlah sekilas tentang kutukan dan siksaan bagi orang- orang yang bersangkut paut dengan riba seperti pemakan, pelaku, pencatat dan saksi. Semoga bisa di gunakan sebagai renungan. Salam.

No comments:

Post a Comment