Saturday, June 25, 2016

Syarat bersedekah yang terpuji dan diterima

Syarat bersedekah yang terpuji dan diterima ada beberapa syarat dalam bersedekah yang harus diperhatikan agar sedekah yang dikeluarkan itu terpuji dan diterima oleh Allah SWT. syarat tersebut ialah:

1. Merahasiakan sedekah itu sebagaimana firman Allah SWT :

"wa in tukhfuuhaa wa tu'tuuhaa al-fuqorooa fahuwa Khairul lakum" yang artinya "dan jika kamu menyembunyikannya dan kamu berikan kepada orang-orang faqir maka demikian itu lebih baik bagimu". Quran surat Al-Baqarah : 271.

sebab itulah orang-orang Salaf dahulu berusaha sekuatnya untuk merahasiakan sedekah mereka dari pandangan manusia agar sedekahnya bisa di terima oleh Allah Swt. sehingga sebagian mereka ada yang mencari orang-orang fakir buta, agar tidak mengenali orang yang bersedekah Adapula di antara mereka yang mengikat sedekahnya pada pakaian seorang fakir yang sedang tidur. ada lagi yang sengaja melemparkan sedekahnya di jalan yang akan dilalui orang-orang fakir, agar mereka mengambilnya.

2. Menghindarkan diri dari menyebut-nyebut dan menyakiti hati (mengundat-undat). sebagaimana firman Allah SWT

"ya ayyuhalladziina aamanuu la tubthiluu shodaqootikum bilmanni wal adza kalladzii yunfiqu ma lahu riyaa annas"

yang artinya Wahai orang-orang yang beriman, janganlah kamu batalkan pahala sedekahmu dengan menyebut-nyebut dan menyakiti hati (si penerima) seperti orang yang menginfakkan hartanya dengan Riya kepada manusia" Quran surat al-baqarah:261

3. Mengeluarkan sedekah dari harta yang terbaik, sebagaimana firman Allah SWT. "lan tanaalul birro hatta tun fiquu mimmaa tuhibbun" yang artinya: " Kamu tidak akan mencapai kebaikan sehingga kamu menginfakkan sebagian harta yang masih kamu cintai" Quran surat al imron: 92

Agar engkau tidak termasuk orang-orang yang difirmankan oleh Allah yang artinya"dan mereka menjadikan Derma untuk Allah apa yang mereka sendiri membencinya". Karena itu rosulullah Saw. Bersabda "seaungguhnya allah swt. Itu baik ( sempurna dan bersih dari kekurangan dan cela), maka tidak menerima, kecuali dengan sesuatu yang halal."

4. Harus diberikan dengan wajah yang berseri, rumah, perasaan senang atau gembira dan tidak karena terpaksa Allah SWT berfirman yang artinya " orang-orang yang menafkahkan hartanya dijalan Allah, kemudian mereka tidak mengiringi apa yang diinfakkan itu dengan menyebut- nyebut pemberiannya dan tidak menyakiti hati, mereka memperoleh pahala di sisi Tuhannya, tidak ada kekhawatiran pada mereka dan tidak pula mereka bersedih". Quran surat al-baqarah 262.

karena itu pula Nabi Muhammad SAW. bersabda sabaqo dirhamun 'ala miati alfin dirhamin" yang artinya : "satu dirham dapat mengungguli 100000 Dirham. Maksudnya satu dirham yang halal diberikan dengan senang hati, itu lebih utama dari pada 100000 dirham diberikan dengan rasa terpaksa dan jengkel. Jadi jika anda ingin pahala sedekah anda di terima dan dianggap terpuji maka saat sedekah jangan anda jengkel.

5. Harus memperhatikan sasaran sedekah yang hendak diberikan. kepada orang alim yang bertakwa yang akan digunakan untuk taat kepada Allah SWT. dan taqwa kepada Nya atau kepada orang soleh dan fakir. sebagaimana firman Allah SWT " innamasshodaqotu lil fuqoro'i lil fuqoro'i wa-al masaakin". Yang artinya "sesungguhnya sedekah sedang itu hanyalah untuk orang-orang fakir orang-orang miskin". QS Attaubah : 60

Demikianlah kajian agama tentang syarat bersedekah yang terpuji dan agar diterima di sisi Allah Swt. Yang telah saya baca dari kitab terjemah durratun nasihin. Semoga bermanfaat. Salam

No comments:

Post a Comment