Sunday, June 26, 2016

Hikayat sedekah dengan sepotong roti

Hikayat sedekah dengan sepotong roti Diceritakan bahwa pada suatu masa paceklik berat menimpa Bani Israel selama bertahun-tahun dan waktu ada perempuan memiliki sepotong roti diletakkannya roti itu pada mulutnya hendak di makanya. tiba-tiba datang seorang peminta-minta di depan pintu dan berkata "Berilah aku karena Allah sepotong roti saja". perempuan itu mengeluarkan roti itu dari mulutnya dan diserahkannya kepada peminta-minta.

Kemudian dia keluar ke Padang belantara untuk mencari kayu dengan membawa seorang anak kecil, lalu datanglah seekor Serigala menangkap anak kecil itu dan membawa lari. anak itu menjerit keras, Bergegaslah perempuan itu mencari jejak Serigala. Lalu Allah mengutus Malaikat Jibril agar mengeluarkan anak itu dari mulut Serigala. diserahkannya anak itu pada ibunya dan berkata kepadanya "hai perempuan hamba Allah, bukankah Engkau senang sesuap roti diganti dengan seorang anak".

Cerita ini diambil dari tafsir al-hanafi yang tertera dalam kitab terjemah Durratun Nasihin demikianlah cerita hikayat tentang kehebatan sedekah walaupun hanya sesuap roti. Setelah membaca hikayat ini semoga pemirsa bisa lebih semangat untuk bersedekah seberapa besar dan kecilnya yang penting ihlash dan tidak menyakiti si penerima. Semoga bermanfaat bagi pemirsa. Salam

No comments:

Post a Comment