Tuesday, June 28, 2016

Keutamaan Sifat Kedermawanan

Baiklah pemirsa blog terjemah Durratun Nashihin yang kami muliakan, kali ini kita akan mengkaji agama tentang keutamaan sikap dermawan bagi umat manusia, jadi Apa saja keutamaan-keutamaan sifat dermawan tersebut? Berikut kita kaji bersama-sama.

sifat demawan yaitu sifat mulia yang timbul karena rasa iba dan ingin membantu tanpa mengharapkan balasan. berbeda lagu jika seseorang yang memberi namun ada sesuatu yang diharaokan, hal ini namanya bukan dermawan tapi thoma' dan sangat tercela.

Sebuah hadits yang berkenaan dengan sifat kedermawanan tersebut yaitu Nabi Muhammad SAW. bersabda "assakhiyyu qoribun Minal haqqi wal kholqi wal bakhilu ba'idyn minal haqqi wal kholqi" yang artinya "seorang Dermawan itu dekat kepada Allah yang Maha haq dan dekat kepada manusia,  sedangkan seseorang yang kikir (pelit) itu jauh dari Allah yang Maha haq dan jauh dari manusia."

Nabi Muhammad SAW. bersabda lagi "al bakhilu la yadhulul jannah walau kana zaahidan" yang artinya "orang kikir itu tidak akan masuk surga meskipun dia seorang yang zuhud."

Demikianlah kajian agama tentang Keutamaan Kedermawanan sesuai hadits nabi Muhammad Saw. Anda bisa menemukan keterangan ini pada kirab terjemah durraatunnasihin. Semoga bermanfaat. Salam

No comments:

Post a Comment