Thursday, June 30, 2016

Hikayat berkenaan dengan Sedekah

Hikayat berkenaan dengan Sedekah, Baiklah pemirsa yang budiman, kali ini blog terjemah durratun nasihin akan menguraikan tentang kisah atau cerita tentang kehebatan sedekah, kisah atau hikayat ini tertulis dalam kitab durratun nasihin. baiklah langsung saja demikianlah hikayatnya.

Kisah sedekah dengan sepotong roti

Ada seekor elang datang menghadap kepada Nabi Sulaiman as. bin Daud as. dan berkata "ada seorang laki-laki yang memiliki sebuah pohon dan aku mengerami telur ku di atas pohon itu, dan dia mengangkat anak-anakku dibawa pulang, Nabi Sulaiman memanggil laki-laki pemilik pohon dan melarang perbuatan itu.   Nabi Sulaiman berkata kepada dua setan "aku memerintahkan engkau berdua, Jika datang tahun depan dan laki-laki itu mengambil anak Burung ini, maka tangkaplah dia dan belahlah dia menjadi dua bagian, lalu lemparkan sebagian ke dunia timur dan sebagian lagi ke dunia barat.

Masih lanjutan dari kisah sedekah di atas, Ketika tiba awal tahun, pemilik pohon itu hendak memanjat pohonnya, dia lupa terhadap pesan Nabi Sulaiman as. tetapi Sebelumnya dia sempat bersedekah dengan sesuap makanan. diangkatnya anak burung itu dan dibawa pulang. burung elang datang menghadap Nabi Sulaiman as. dan melaporkan perbuatan pemilik pohon, Nabi Sulaiman memanggil 2 setan dan bermaksud menghukum keduanya   Nabi Sulaiman berkata "Mengapa engkau berdua tidak melaksanakan tugas yang Aku perintahkan pada engkau berdua? mereka menjawab "wahai khalifah Allah Sesungguhnya kami bermaksud menangkap pemilik pohon itu, ketika dia memanjatnya tetapi karena dia telah bersedekah kepada seorang laki-laki muslim dengan sepotong roti maka Allah mengutus dua malaikat Dari Langit, sehingga mereka menangkap kami berdua dan melemparkan kami seorang dari kami dilemparkan ke dunia timur dan yang lain dilempar ke dunia barat, dan mereka menghalangi usaha kami untuk mencelakakannya berkat sedekah. sungguh sangat besar fadilah dari sedekah ini.

Hikayat sedekah sepotong roti

Diceritakan bahwa pernah terjadi paceklik menimpa Bani Israel, pada saat itu ada seorang fakir berhenti di depan pintu seorang kaya dan berkata "berilah sedekah kepadaku dengan sepotong roti untuk mencari ridho Allah SWT. putri dari seorang kaya itu keluar membawa roti yang masih hangat dan diberikannya kepada seorang fakir, lalu ayahnya yang kaya itu datang dan memotong tangan putrinya. Allah mengubah keadaannya dan membinasakan semua hartanya sehingga dia menjadi miskin dan meninggal dalam keadaan hina. sedang putrinya yang cantik itu berkeliling dari pintu ke pintu yang lain untuk minta minta. suatu hari dia berhenti di depan pintu seorang laki-laki kaya. lalu laki-laki itu keluar dan dia memandang Putri itu dan memperhatikan kecantikannya, lalu menyuruh masuk ke dalam rumahnya dia tertarik dan ingin mengawinkan dengan anaknya. Setelah dia mengawinkannya dia menghiasi dan menghidangkan sebuah hidangan pada malam hari. Putri itu mengeluarkan tangannya sebelah kiri untuk makan bersama suaminya suami berkata "Sungguh aku memang sering mendengar bahwa orang fakir adalah kurang berpendidikan, keluarkanlah tangan kananmu" Putri itu tetap mengeluarkan tangan kirinya dan berkali-kali suaminya melarangnya. lalu apakah yang akan terjadi tentang hikayat yang berkenaaan dengan sedekah ini? silahkan anda baca terus.

Kemudian terdengarlah suara dari sudut pintu "keluarkan tanganmu sebelah kanan Hai perempuan hamba Allah, engkau benar-benar telah memberikan roti itu karena Allah, tentu Allah akan memberikan tanganmu kepada dirimu, Maka dikeluarkannya tangan kanannya dan ternyata keadaannya utuh berkat kekuasaan Allah.

Orang-orang yang mempunyai akal Ambillah pelajaran hikayat tersebut dan sedekahkan, infaqkanlah hartamu dijalan Allah. sehingga engkau memperoleh kebahagiaan dunia dan akhirat (zubdatul waidzin). demikialah sharing tentang hikayat keutamaan, kehebatan dari sedekah. semoga bermanfaat. Baca juga Keutamaan sifat kedermawanan

No comments:

Post a Comment