Tuesday, June 14, 2016

Nilai sedekah secara rahasia

Nilai sedekah secara rahasia, dari Anas ra. berkata Nabi Muhammad SAW bersabda "Setelah Allah SWT menciptakan bumi yang selalu berguncang, maka Allah menciptakan gunung-gunung dan diletakkan di atasnya, sehingga bumi itu tenang. para malaikat kagum dan bertanya "ya Tuhanku Apakah ada di antara makhluk-Mu yang lebih berat daripada gunung-gunung itu?" Allah berfirman ya, besi.'

Masih lanjutan hadits di atas tentang kehebatan sedekah secara rahasia/sirr. Mereka bertanya lagi "apakah ada di antara makhluk-Mu yang lebih dahsyat dari pada besi?" Allah berfirman ya, ada api.' Mereka bertanya "ya Tuhanku Adakah di antara makhluk Mu yang dahsyat daripada api Allah berfirman "ya ada air.' Mereka bertanya "ya Tuhanku Adakah di antara makhluk Mu yang lebih dahsyat daripada air?" Allah berfirman "ya Ada yaitu angin. Mereka bertanya "ya Tuhanku Adakah di antara makhluk Mu yang lebih dahsyat dari pada angin?" Allah berfirman "ya Ada yaitu anak cucu Adam yang bersedekah dengan tangan kanannya secara rahasia, sehingga tangan kirinya tidak mengetahuinya. itulah yang lebih dahsyat daripada angin itu."

Demikianlah yang di riwayatkan oleh Anas ra. Tentang nilai sedekah jika di rahasiakan. setelah anda membaca Dari hadits  di atas saya rasa anda bisa menangkap maksud dari isi hadits yang mengarah kepada Betapa hebatnya keutamaan sedekah sirri, sedekah secara rahasia yang membuat kita tanpa mengharapkan sama sekali termasuk pamer Kecuali Ridla Allah swt. Semoga bermanfaat salam.

No comments:

Post a Comment