Monday, June 6, 2016

Keutamaan bulan Ramadhan Part II

Keutamaan bulan Ramadhan bagian 2. Sebelum kita bahas lebih dalam tentang  keutaman bulan ramadhan ini maka akan sedikit saya urailan bahwasannya Allah Swt. Berfirrman "dan apabila hamba-hamba-ku bertanya kepadamu tentang aku, maka Jawablah "Sesungguhnya aku adalah Tuhan mengabulkan permohonan orang yang berdoa", apabila dia berdoa kepadaku maka hendaklah mereka memenuhi perintahku dan hendaklah mereka beriman kepadaku agar mereka mendapat petunjuk kebenaran." Al Quran surat Al Baqarah 186.

Kata "dekat" dalam ayat diatas menunjukkan kesempurnaan ilmu Allah terhadap semua perbuatan dan perkataan hamba, diriwayatkan bahwa ada seorang anak a'robi datang kepada Nabi Muhammad SAW dan bertanya : "apakah Tuhan kita itu dekat sehingga berbisik kepadanya?atau jauh sehingga aku memanggilnya lalu turunlah ayat ini.

Keutamaan membaca shalawat kepada nabi Muhammad SAW


dari Anas bin Malik dari Nabi Muhammad SAW beliau bersabda : "tiada doa kecuali terdapat hijab diantara doa itu dengan langit, sehingga seseorang membaca shalawat kepada nabi Muhammad SAW. Jika dia telah membaca shalawat kepada nabi maka tersingkaplah hijab itu, lalu doa itu masuk. tapi jika dia tidak mengerjakan itu, maka doanya kembali."

Hikayat orang lupa tidak membaca solawat

ada seorang Soleh shalat dan ketika duduk tasyahud Ia lupa membaca shalawat kepada nabi Muhammad SAW. lalu dia bermimpi dalam tidurnya Nabi Muhammad SAW berdiri dan bersabda "Mengapa engkau sampai lupa membaca shalawat kepadaku? dia menjawab "Ya Rasulallah aku tenggelam dalam memuji Allah dan beribadah kepadaNya, lalu aku lupa untuk membaca shalawat kepadamu." beliau bersabda "bukankah Engkau telah mendengar Sabdaku "segala amal akan dihentikan, dan doa-doa pun ditahan, sehingga dibacakan shalawat kepadaku. dan seandainya ada seorang hamba datang di hari kiamat dengan membawa seluruh kebaikan penghuni dunia, tetapi tidak ada didalamnya bacaan Shalawat kepadaku, tentu kebaikan itu akan dikembalikan kepadanya. dan kebaikan itu tidak diterima sedikitpun." (Datul wa'izhin

diriwayatkan bahwa pada suatu hari Nabi Musa as. bermunajat kepada Allah, Dia berkata dalam munajatnya "ya Tuhanku, Apakah engkau memuliakan seseorang seperti engkau memuliakan aku. karena Engkau telah memberi aku, dapat mendengar kalam Allah SWT.Allah Swt. berfirman Hai Musa Sesungguhnya aku mempunyai hamba-hamba yang akan aku munculkan di akhir zaman. aku muliakan mereka dengan bulan Ramadhan, dan aku lebih dekat kepada mereka daripada kepadamu, karena aku menjatuhkan kalam kepadamu sedang antara engkau dan aku terdapat 70.000 hijab (penghalang). tetapi ketika umat manusia berpuasa dan bibir mereka telah memutih serta warna kulitnya menjadi pucat, aku Singkirkan semua hijab itu waktu mereka berbuka. "Hai Musa.. beruntunglah orang yang jantungnya kering dan lapar pada Bulan Ramadhan, karena aku tidak membalas mereka selain bertemu aku."

Taqwa | Asas diterimanya ibadah puasa

Orang yang mempunyai akal seharusnya menghormati bulan Ramadhan ini dan berusaha memelihara hatinya dari sifat dengki dan permusuhan terhadap kaum muslimin. Disamping itu dia pun harus khawatir dan takut kepada Allah, akan menerima puasanya atau tidak? karena Allah berfirman :

"Innama yataqobalallahu Mina al-muttaqin". yang artinya : "sesungguhnya Allah hanya menerima amal dari orang-orang yang bertakwa."

Orang-orang yang berpuasa kelak Bangkit Dari Kubur mereka dan mereka mengenali puasa mereka masing-masing. mereka disambut beberapa hidangan, hadiah-hadiah dan gelas gelas minuman. di katakanlah kepada mereka "Makanlah, Karena kamu telah merasakan lapar saat orang-orang merasa kenyang. minumlah, Karena kamu telah kehausan pada saat orang merasa segar dan basah kerongkongannya. lalu mereka makan dan minum sedangkan orang-orang lain sibuk menghadapi Hisab." Tanbihul ghofilin.

Demikianlah sekilas tentang keutamaan bulan puasa di bulan ramadhan serta membaca sholawat kepada nabi Muhammad Saw. Semoga bermanfaat. Salam.

No comments:

Post a Comment