Sunday, June 26, 2016

Bahaya Sifat Kikir bagi manusia

 Bahaya kekikiran atau pelit bagi manusia baik di dunia maupun di ahirat. Aisyah ra. menceritakan "ada seorang perempuan datang kepada Nabi Muhammad SAW. sedang tangan kanannya kering lumpuh, perempuan itu berkata "Hai nabi Allah, berdoalah agar Allah menyembuhkan tanganku" Nabi Muhammad SAW. bersabda kepadanya "Apakah yang menyebabkan tanganmu lumpuh seperti ini" dia berkata "aku bermimpi, dalam tidurku bahwa kiamat telah datang, neraka jahanam telah dinyalakan dan surga telah dibuka. lalu Kulihat Ibuku di neraka jahannam.

Masih lanjutan pada hadist tentang bahaya sifat kikir atau pelit di atas. sedang dalam tangannya terdapat lemak (keju) dan pada tangan kanan yang lain terdapat di sepotong kain kecil, dia menjaga dirinya dengan kedua benda itu dari api. aku bertanya "Mengapa ibu berada dalam jurang ini? sedang engkau adalah seorang perempuan yang taat kepada Allah, Tuhanmu dan suamimu pun Ridho kepadamu. Ibuku berkata "Hai anakku Aku adalah orang yang kikir ketika di dunia tempat ini adalah untuk orang yang kikir.

aku bertanya lagi "lalu apa artinya lemak dan sepotong kain dalam tanganmu itu?" dia menjawab "keduanya itulah yang pernah aku sedekahkan di dunia, Aku tidak pernah bersedekah sepanjang umurku, kecuali dengan keduanya itu" aku bertanya "dimanakah ayah?" dia menjawab "Dia seorang Dermawan, sekarang dia berada di tempat orang-orang dermawan." Demikian tentang hadist tentang bahanya sifat kikir yang masih panjang.

Kemudian aku datang ke surga, tiba-tiba aku melihat Ayahku sedang berdiri di tepi Telaga mu, sedang memberi minum orang banyak, Ya Rasulallah aku berkata "Wahai Ayah, Ibu adalah seorang yang taat kepada TuhanNya dan engkaupun Ridho kepadanya   Tetapi dia sekarang berada dalam neraka jahanam terbakar. sedangkan engkau memberi minum orang-orang dari Telaga Nabi Muhammad SAW. berilah dia seteguk minum dari telaga itu" Ayah menjawab "puteriku Allah telah mengharamkan Telaga Nabi Muhammad SAW atas orang-orang kikir dan orang-orang berdosa. Sangat mengerikan bukan sifat kikir bagi kita?

Masih lanjutan tentang hadits bahaya sifat kikir di atas. Kemudian aku mengambil segelas air dari Telaga itu tanpa seijin ayahku, dan aku beri minum ibuku yang sangat kehausan itu. kemudian aku mendengar sebuah suara yang berkata   "Semoga Allah SWT membuat lumpuh tanganmu karena engkau berani memberi minum perempuan durhaka lagi kikir dari Telaga Nabi Muhammad SAW. sesudah itu aku terbangun dan tiba-tiba tanganku benar-benar telah lumpuh." Aisyah berkata "setelah Nabi Muhammad SAW. mendengar cerita perempuan itu beliau meletakkan tongkatnya di atas tangan kanan perempuan itu dan bersabda "Ya Tuhanku dengan hak mimpi yang diceritakan perempuan itu, sembuhkanlah tangannya. maka tangannya sembuh dan kembali seperti semula."

Nabi Muhammad SAW. bersabda yang artinya "kedermawanan ibarat sebuah pohon di surga yang dahan-dahannya   menjuntai ke dunia, maka barangsiapa yang mengambil sebuah bahan darinya maka dahan itu akan menariknya ke surga. sedang kekikiran adalah sebuah pohon di neraka Dahannyapun menjuntai ke dunia. maka barangsiapa yang mengambil sebuah dahan darinya, maka dahan itu akan menyeret nya ke neraka.

Demikianlah kajian agama tentang hikayat bahaya kekikiran bagi manusia dari kitab terjemah Durratun Nasihin, setelah pemirsa membaca kajian ini semoga lebih takut lagi dengan sifat kikir terhadap manusia, sehingga menjadi lebih dermawan lagi. Salam 

No comments:

Post a Comment